Juliana Klarisa Raih Perunggu di Kejuaraan Dunia Junior 2022

Mercy Raya - Sport
Rabu, 04 Mei 2022 14:07 WIB
Juliana yang tampil di kelas 55 kg putri Grup A, berhasil merebut medali perunggu setelah membukukan angkatan terbaik 103 kg di nomor clean and jerk yang berlangsung di Yunani, pada Selasa (3/5) malam WIB.
Juliana Klarisa meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022. (Foto: Istimewa)
Heraklion -

Lifter muda Indonesia Juliana Klarisa meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia Junior 2022. Dia juga memperbaiki peringkatnya di ajang ini.

Juliana yang tampil di kelas 55 kg putri Grup A, berhasil merebut medali perunggu setelah membukukan angkatan terbaik 103 kg di nomor clean and jerk yang berlangsung di Yunani, pada Selasa (3/5) malam WIB.

Ia bersaing ketat dengan Nina Sterckk dari Belgia yang mencatatkan angkatan terbaik 111 kg dan merebut emas. Serta Leila Cook dari Amerika Serikat yang mengangkat 106 kg dan meraih medali perak untuk nomor clean and jerk.

Juliana Klarisa sejatinya bisa mengamankan posisi dua untuk nomor clean and jerk andai pada percobaan ketiga ia tak gagal. Saat itu, ia berusaha mengangkat beban seberat 107 kg.

Begitu pun pada angkatan snatch, Juliana hanya mampu mencatatkan angkatan terbaiknya seberat 80 kg.

Juliana memperoleh itu setelah pada percobaan kedua 83 kg dan percobaan ketiga 84 kg gagal ia eksekusi. Alhasil, ia gagal meraih medali pada angkatan snatch.

Hasil itu pun turut mempengaruhi total angkatan terbaik Juliana secara keseluruhan. Ia mencatatkan total angkatan 183 kg dan berada di urutan kelima di Kejuaraan Dunia Junior 2022.

Meski begitu, torehan yang dicatatkan Juliana sudah cukup memperbaiki hasil dia di Kejuaraan Dunia Junior tahun sebelumnya. Saat itu, ia hanya menempati ranking 6 tapi total angkatannya 185 kg (80 kg snatch dan 105 kg clean and jerk).

Indonesia masih menyisakan satu wakil di Kejuaraan Dunia Junior kelas 73 kg putra atas nama Rizky Juniansyah. Ia akan bertanding pada Kamis (5/5/2022) pukul 18.00 waktu setempat.

Di ajang ini, Rizky merupakan juara bertahan sekaligus pemegang rekor dunia untuk tiga angkatan (snatch, clean and jerk, dan total angkatan) level junior dan remaja.



Simak Video "Jadi Korban Body Shamming, Ini Respons Atlet Angkat Besi Nurul Akmal"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/bay)