Windy Cantika Rebut Tiga Emas di Kejuaraan Dunia Junior 2022

Mercy Raya - Sport
Selasa, 03 Mei 2022 09:15 WIB
Windy Cantika
Windy Cantika Aisah menyabet tiga medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior. (Foto: Muhammad Iqbal/detikSport)
Heraklion -

Lifter Windy Cantika Aisah kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Ia memborong tiga emas dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022.

Pada kejuaraan yang berlangsung di Heraklion, Yunani, pada Selasa (3/5/2022) dini hari WIB, Windy yang tampil di kelas 49 kg putri ini menjadi yang terbaik di angkatan snatch, clean and jerk, dan total angkatan.

Pada percobaan pertama snatch, mojang asal Bandung itu berhasil mengangkat beban seberat 77 kg. Windy kemudian juga sukses mengatasi angkatan seberat 81 kg dan 83 kg pada percobaan kedua dan ketiga.

Atas angkatan itu, Windy menjadi yang terbaik di kelasnya untuk angkatan snatch dan diganjar medali emas.

Selanjutnya pada angkatan clean and jerk, Windy kembali sukses membuka penampilannya dengan mengangkat beban seberat 97 kg. Ia juga berhasil pada percobaan kedua dengan menambah bebannya lima kg dari angka pertama.

Hasil itu pun sudah cukup bagi Windy Cantika Aisah untuk mengamankan emas untuk angkatan clean and jerk sekaligus total angkatan seberat 185 kg.

Sementara peraih medali perak untuk angkatan snatch dan clean and jerk, serta angkatan total diraih Gyaneshwari Yadah dari India. Ia membukukan angkatan total 156 kg dengan rincian snatch 73 kg dan clean and jerk 83 kg.

Untuk medali perunggu direbut V Rhitika yang mencatatkan angkatan snatch 69 kg dan angkatan total 150 kg. Sedangkan angkatan clean and jerk ketiga terbaik direbut lifter Myanmar Maha Fajreslam yang membukukan angkatan 82 kg.

Lifter Indonesia, Windy Cantika Aisah, kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Ia memborong tiga emas dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022 yang berlangsung di Heraklion, Yunani, pada Selasa (3/5/2022).Windy Cantika Aisah memborong tiga emas dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022. (Foto: Istimewa)

Meskipun mengantongi tiga emas, Windy belum berhasil mempertajam tiga angkatan rekor juara dunia remajanya yaitu 190 kg (86 kg angkatan snatch dan 104 kg angkatan clean and jerk).

Ia juga belum mampu memecahkan rekor juara dunia junior yang saat ini masih dipegang lifter China Huihua Jiang dengan total angkatan 206 kg (92 kg angkatan snatch dan 114 angkatan clean and jerk).



Simak Video "Jadi Korban Body Shamming, Ini Respons Atlet Angkat Besi Nurul Akmal"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/bay)