SEA Games 2021: Eki Febri Sumbang Emas bagi Indonesia dan Atletik

Mercy Raya - Sport
Selasa, 17 Mei 2022 18:49 WIB
Atlet Indonesia Eki Febri Ekawati membentangkan bendera Merah Putih usai memenangi pertandingan nomor tolak peluru putri SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (17/5/2022). Eki Febri meraih medali emas setelah melakukan tolakan terbaik sejauh 15,2 meter. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
SEA Games 2021: Eki Febri Sumbang Emas bagi Indonesia dan Atletik (ANTARA FOTO)
Jakarta -

Atlet tolak peluru Eki Febri Ekawati menyumbang emas untuk Indonesia di SEA Games 2021. Prestasi ini sekaligus membayar perjuangan PB PASI dan CdM Indonesia yang berjuang setelah nomornya nyaris tercoret.

Nomor tolak peluru putri hampir tak dipertandingkan di SEA Games yang berlangsung di Vietnam tahun ini. Alasannya, kurangnya jumlah negara peserta. Padahal, jumlah atlet yang ikut tercatat ada tiga orang, yakni Eki dan dua atlet dari Thailand.

Tapi Indonesia tak lantas menerima begitu saja. Baik PB PASI maupun tim CdM bergerak untuk tetap menggelar pertandingan tersebut sesuai rencana. Sampai akhirnya, harapan itu terwujud. Tolak peluru putri diikuti enam atlet dari lima negara. Selain Indonesia dan Thailand, pertandingan itu juga diikuti peserta dari Malaysia, Myanmar, dan Kamboja.

Eki Febri Ekawati sendiri yang mengetahui dirinya jadi berangkat ke SEA Games mengucap syukur. Dia juga ingin menjawab kepercayaan itu dengan hasil maksimal. Hal itu pun dibuktikan Eki pada pertandingan yang berlangsung di My Dinh National, Stadium, Vietnam, Selasa (17/5/2022).

Eki menjadi yang terbaik setelah melakukan tolakan hingga 15,20 meter dan berhak atas medali emas. Sementara peraih medali perak dan perunggung direbut atlet Thailand, Areerat Intadis dan Athima Saowaphaiboon. Masing-masing melakukan tolakan sejauh 15,04 meter dan 12,51 meter.

Atas keberhasilan Eki Febri Ekawati, Merah Putih tak hanya menambah pundi-pundi emas Indonesia, tapi juga sekaligus pecah telur bagi atletik Merah Putih. Sebelumnya, PB PASI baru mengumpulkan tiga medali perak dan empat medali perunggu sementara ini dari total target delapan emas.

Medali perak dipersembahkan Abdul Hafiz di nomor javelin throw, Agustina Mardika Manik di nomor lomba 800 meter putri, Emilia Nova di nomor 100 meter gawang putri,

Sedangkan medali perunggu direbut Atjong Tio Purwanto di nomor 3000 m steeplecashe, Sapwaturrahman di nomor lompah jauh, dan Maria Natalia Londa di dua nomor lompat jauh, serta lompat jangkit.

Tonton Video: Sambutan Hangat untuk Tim Esports Peraih Medali di SEA Games 2021

[Gambas:Video 20detik]




(mcy/aff)