SEA Games 2021: Tim Dayung Indonesia Sabet 2 Emas

Kris Fathoni W - Sport
Jumat, 20 Mei 2022 15:33 WIB
Logo SEA Games 2021
Foto: dok.Internet
Jakarta -

Koleksi emas Indonesia di SEA Games 2021 kembali bertambah. Tim Dayung Indonesia menjadi peraihnya, lewat dua keping medali tersebut.

Dalam rangkaian lomba final di Hai Phong Rowing and Canoeing Training Center, Jumat (20/5), salah satu emas tambahan buat Indonesia diraih oleh kuartet Anwar Tarra/Yuda Firmansyah/Sofianto/Dedi Saputra dari nomor 500m kano empat putra.

Sofianto cs dkk berhasil finis pertama, unggul dari kedua rival terdekatnya yakni Thailand yang berada di posisi kedua (1:41) dan Myanmar di urutan ketiga.

Kesuksesan tersebut dilanjutkan pasangan Raudani Fitra/Stevany Maysche Ibo yang mencatatkan waktu tercepat pada nomor 500m kayak dua putri, mendahului Vietnam dan Thailand.

Hasil itu membuat Indonesia sudah menambah empat keping emas SEA Games 2021 pada hari Jumat (20/5) ini. Sebelum ini sudah ada emas dari balap sepeda dan angkat besi.

Aksi atlet sepeda Indonesia, Ayustina Delia Priatna, berbuah medali emas cabang balap sepeda nomor Women's Road Race Individual Time Trial.

Ayustina berhak atas medali emas lewat torehan waktu 40 menit 8,445 detik, mengungguli atlet Singapura dan Thailand yang berada di belakangnya. Di SEA Games 2021, itu adalah medali emas ketiga dari cabang sepeda.

Emas berikutnya buat Indonesia dipersembahkan lifter senior Eko Yuli Irawan. Turun di nomor 61 kg putra, Eko mempertahankan tradisi emas angkat besi lewat total angkatan 290 kg.

Ini menjadi medali emas keenam Eko Yuli sepanjang berpartisipasi di ajang SEA Games. Ia sudah berpartisipasi sejak 2007 di Nakhon Ratchasima, Thailand. Hal ini juga membuktikan bahwa Eko sebagai lifter senior masih mampu konsisten membuktikan prestasi.

"Kadang minder sendiri karena paling tua. Bagi kami, angkat besi itu mau tua atau muda yang terpenting adalah siapa yang kuat dia yang menang," kata Eko Yuli dalam rilis pers Tim CdM Kontingen Indonesia di SEA Games 2021.

"Jadi selagi saya masih nomor satu kenapa tidak? Kalau yang mudanya ingin tampil di sini harus kalahkan saya dulu. Kalau saya bisa kalah berarti kan tahu kualitas mereka seperti apa. Kita mendidiknya seperti itu."

Untuk saat ini Indonesia sudah mengoleksi 45 medali emas, 64 perak, dan 59 perunggu di SEA Games 2021. Merah Putih sementara berada di posisi keempat klasemen perolehan medali, tepat di bawah Singapura yang punya 46 emas, 44 perak, dan 61 perunggu.

(krs/rin)