PB PASI soal Odekta: Dia Cuma Ingin Kasih Masukan, tapi...

Tim detikcom - Sport
Jumat, 20 Mei 2022 21:30 WIB
Pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho raih emas dari nomor lari maraton putri SEA Games Vietnam. Ia finis pertama dengan catatan waktu 2 jam 55 menit 27 detik.
Odekta Elvina Naibaho, atlet Indonesia peraih emas SEA Games 2021. Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Jakarta -

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), melalui Sekretaris Umum Tigor Tanjung, memberi respons soal pernyataan atlet peraih emas SEA Games 2021 Odekta Elvina Naibaho.

Dikatakannya, PB PASI telah memenuhi kewajiban sebagai federasi yang menaungi atlet atletik di Indonesia. Tigor menyebut PB PASI selalu merujuk pada aturan, terutama kesepakatan dengan Kemenpora dan para atlet.

"Dan yang kita lakukan sudah sesuai dengan kesepakatan tersebut. Tentu saja ada kekurangan dalam pelaksanaannya mengingat kondisi pandemi dan berbagai keterbatasan, dan ini sudah jadi catatan untuk perbaikan yang sedang kita siapkan," ujar Tigor dalam keterangan resmi PB PASI, Jumat (20/5/2022).

Sehubungan dengan itu, Tigor menyatakan sudah berbicara dengan Odekta Elvina Naibaho untuk mendengar langsung masukannya. Ia menyebut, perkataan Odekta yang muncul dalam beberapa pemberitaan tidak seutuhnya sesuai dengan yang disampaikan ketika wawancara.

"Odekta mengatakan kalau dia cuma ingin ngasih masukan untuk federasi, dan itu hal yang wajar, kita juga butuh kritik supaya bisa memberi yang lebih baik lagi untuk atlet. Tapi justru dibuat seolah-olah Odekta sedang berbicara mengenai kepemimpinan Pak Luhut (Binsar Pandjaitan, Ketua Umum PB PASI)," ucapnya.

Tigor juga menegaskan sejak terpilih sebagai Ketua Umum PB PASI pada pada Januari 2021, Luhut Binsar Pandjaitan memiliki komitmen dan hubungan baik dengan para atlet. Wujud komitmen itu antara lain membangun fasilitas latihan modern dan bertaraf internasional di Pangalengan, Jawa Barat, dan melakukan kerja sama dengan pihak lain seperti PT Freeport Indonesia untuk membuat "Pelatihan Atletik Nasional Desentralisasi Mimika Sports Complex" di Mimika, Papua.

"Hubungan Pak Luhut dengan para atlet itu sangat baik. Beliau juga punya perhatian khusus kepada atlet, dan seringkali mengusahakan sendiri beberapa kerja sama dengan pihak lain untuk kepentingan atlet, salah satunya MoU antara PB PASI dengan Freeport Indonesia beberapa waktu lalu," ujar Tigor.

Menurut Tigor, hasil yang dicapai tim atletik di SEA Games 2021 harus jadi catatan penting bagi federasi untuk mengevaluasi program yang selama ini berjalan. Ia yakin, dengan situasi pandemi yang semakin baik, segala persiapan dan program akan berjalan lebih maksimal ke depan.

"Dengan semakin membaiknya kondisi pandemi di Indonesia, kami yakin program yang sudah kita siapkan ke depan akan bisa berjalan lebih maksimal, termasuk berbagai try out yang tidak bisa dilakukan 2 tahun ini. Seperti yang sering disampaikan Pak Luhut, semuanya harus diperbaiki secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut," sebutnya.

(krs/rin)