Rahmat Erwin Tambah Emas Indonesia, Pertajam Rekor SEA Games

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 21 Mei 2022 12:15 WIB
Lifter Rahmat Erwin Abdullah (kiri) bersama pelari gawang Emilia Nova (kedua kiri), karateka Krisda Putri Aprilia (kedua kanan) dan atlet panahan Riau Ega (kanan) menggunakan official jersey untuk SEA Games 2021 saat peluncurannya di Jakarta, Kamis (28/4/2022). Li-Ning menjadi brand official untuk jersey dan apparel tim Indonesia pada perhelatan SEA Games 2021 di Vietnam. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Jakarta -

Rahmat Erwin Abdullah merebut medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2021. Ia sekaligus mempertajam catatan rekornya di SEA Games.

Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo itu meraih emas dengan total angkatan tertinggi 345 kg. Angkatan itu ia peroleh setelah membukukan beban seberat 155 snatch dan 190kg clean and jerk.

Tak hanya meraih medali emas, Rahmat juga mempertajam rekor angkatan SEA Games yang ia cetak di SEA Games Manila atas namanya sendiri. Dari semula 145 kg, Rahmat mencetak angka 150 kg pada angkatan keduanya. Kemudian, dia mempertajamnya kembali menjadi 155 kg.

Rahmat kemudian mencetak rekor di angkatan clean and jerk pada percobaan pertamanya. Ia mengangkat beban 180 kg sekaligus mempertajam angkatan sebelumnya yaitu 177 kg.

Tapi rekor Rahmat kemudian dipecahkan wakil Thailand Doungsri Anucha yang berhasil mengangkat 181 kg pada angkatan keduanya. Jual beli adu angkatan kembali terjadi. Rahmat yang sebelumnya rekornya dipecahkan Anucha, kembali dipecahkan Rahmat dengan angkatan 190 kg.

Rahmat sempat akan mempertajamnya lagi menjadi 200 kg. Namun, ia gagal mengeksekusi. Rahmat tak mampu mengangkat beban tersebut dan membuat besi dan barbelnya terjatuh ke belakang badannya.

Sementara itu, medali perak direbut Anucha dengan angkatan total terbaik 321 kg, terdiri dari 140 kg angkatan snatch dan 181 angkatan clran and jerk.

Sedangkan medali perunggu direbut Muhammad Erry Hidayat dari Malaysia. Dia membukukan angkatan total 316 kg (143 kg snatch dan 173 kg clean and jerk).

Angkat besi Indonesia sudah mengumpulkan dua medali emas, satu perak, dan dua perunggu. Emas sebelumnya dicetak Eko Yuli Irawan di kelas 61 kg dan medali perak diperoleh Mohammad Yasin di kelas 67 kg. Sementara itu dua medali perunggu diraih lifter putri Siti Nafisatul Hariroh di kelas 45 kg dan Natasya Bateyib di kelas 55 kg.

Dengan tambahan medali-medali tersebut, Indonesia sejauh ini sudah meraih 54 emas, 72 perak, dan 63 perunggu di SEA Games 2021. Indonesia nyaman duduk di posisi ketiga klasemen medali, kian jauh meninggalkan Singapura.

(mcy/krs)