SEA Games 2021: Medali Emas Rahmat Erwin Bukti Kualitas Olimpian

Mercy Raya - Sport
Sabtu, 21 Mei 2022 20:10 WIB
Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah melakukan angkatan
Rahmat Erwin Abdullah. Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Jakarta -

Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah menunjukkan kualitasnya sebagai olimpian, setelah tampil perkasa di SEA Games 2021 Vietnam dengan mempertahankan medali emasnya.

Rahmat, yang tampil di kelas 73 kg, memang seolah menunjukkan dirinya berada di level berbeda dengan para rival. Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo itu mengawali angkatan snatch dengan beban seberat 142 kg dan langsung berada di irutan teratas di antara enam lifter lainnya.

Belum puas, ia kemudian menambah beban 8 kg pada percobaan keduanya. Rahmat pun berhasil mengeksekusi angkatan snatch seberat 150 kg, sekaligus mempertajam rekor SEA Games pada angkatan snatch yang sempat di torehkan di Filipina yakni 145 kg.

Pada angkatan ketiga, ia kembali menambah angkatannya seberat 5 kg dari angkatan kedua dan berhasil. Hasil tak jauh berbeda terjadi pada angkatan clean and jerk. Rahmat berhasil menjadi yang terbaik dan memecahkan rekor SEA Games dengan angkatan 190 kg.

Pada angkatan terakhir, Rahmat sempat mencoba mengangkat beban seberat 200 kg untuk memecahkan rekor dunia. Namun, usahanya gagal.

"Perasaan saya biasa saja, rasanya lebih berat yang kemarin (SEA Games 2019). Persaingan sekarang sudah jauh dari angkatan saya," kata Rahmat dalam rilis tim CdM Indonesia.

"Sebenarnya sudah target (200 kg), cuma sedikit meleset. Yang kayak tadi harusnya bisa. Itu sudah terukur banget dalam latihan. Tinggal mencoba di kompetisi," tambahnya.

Emas yang diraih Rahmat merupakan yang kedua dari cabor angkat besi. Sebelumnya, lifter senior Eko Yuli Irawan mendapatkannya di kelas 61kg putra.

(mcy/krs)