Peselancar Rio Waida Juara di Sydney Surf Pro 2022

Afif Farhan - Sport
Selasa, 24 Mei 2022 17:30 WIB
Rio Waida
Foto: (Screenshot)
Jakarta -

Peselancar Indonesia Rio Waida berhasil menjadi juara di ajang GWM Sydney Surf Pro 2022 (Challenger Series) CS yang diselenggarakan di Manly Beach, Australia. Peselancar asal Bali itu berhasil mengalahkan peselancar tuan rumah Ryan Callinan dengan skor 17.73 (9.05+8.23) sementara lawannya mengumpulkan poin 15.70 (8.03+7.67).

Keberhasilan Rio Waida di GWM Sydney Surf Pro 2022 mengalahkan 96 kontestan dari berbagai dunia, Di semifinal ia mendapat perlawanan berat dari peselancar asal Portugal Michael Rodriguez, namun Rio berhasil mengatasinya hingga masuk ke final dan menjadi juara.

"Saya sangat senang berhasil menjadi juara, namun tugas saya belum selesai. Karena saya akan pergi ke G-Land (Banyuwangi) besok dan saya harus tetap fokus untuk tidak berada di zona nyaman ini, dan mendapatkan hasil bagus nantinya, tugas saya belum selesasi," kata Rio Waida seusai lomba, yang disiarkan dari kanal Youtube WSL, Selasa (24/5/2022).



Rio sendiri dijadwalkan akan mengikuti kejuaran selancar internasional World Surf League Championship Tour (WSL CT) 2022 yang bakal digelar di Pantai Plengkung atau G-Land, Banyuwangi, Jawa Timur pada tanggal 28 Mei-6 Juni 2022.

"Saya belajar banyak di tahun lalu, sudah di final jadi saya sudah senang, menang atau kalah saya tetap belajar, saya tetap percaya diri my surfing feeling good, badan saya juga merasa enak, jadi semua ttg ombak, saya merasa itu ombak yg terbaik jadi saya menikmatinya dan di saat ombak itu datang kepada saya the game is over buat semua," kata Rio.



Rio juga mengucapkan terimakasin atas dukungang yang diberikan semua pihak terutama masyarakat di tanah air, yang terus memberikan support sampai saat ini.

"Halo semua, terimakasih sudah dukungan kepada saya, sayang akan tetap semangat dan terimakasih sekali lagi atas dukungannya," ujarnya.

Sementara itu, Sekjen Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Tipi Jabrik saat dihubungi mengatakan, kesuksesan Rio Waida di ajang internasional selancar merupakan modal besar untuk mengenalkan olahraga surfing kepada masyarakat Indonesia, bahwa selain banyaknya lokasi surfing di tanah air, Indonesia juga memiliki atlet berbakat yang sudah mampu menembus level internasional.

"Ini adalah moment bukan hanya untuk Bangsa Indonesia, tapi juga untuk olahraga surfing di tanah air secara spesifik. Karena ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki atlet-atlet tingkat dunia dan ini bisa membuka lebih banyak dukungan dari semua pihak. Baik itu pemerintah pusat, daerah dan semua warga indonesia yang memiliki potensi untuk mengambangkan olahraga selancar ombak ini," kata Tipi.



Rio menjadi peselancar Indonesia pertama dalam sejarah, yang mampu menjuarai kompetisi selancar profesional dunia.

Tipi juga mengatakan, sebelumnya Rio sudah pernah ikut sebanyak 3 kali dalam ajang selancar internasional. Rio sempat mengikuti WSL CT namun belum pernah juara, kemudian WSL QS (Qualifying) RIo sudah pernah 2 kali juara, dan terakhir Rio berhasil menjadi juara di Challenger Series kali ini. Ia juga mewakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 cabang olahraga selancar putra.

"Mudah-mudahan prestasi yang ditorehkan Rio ini bisa menjadi contoh bagi anak-anak muda berbakat lainnya dan atlet selancar bisa lebih di support dan tentunya mengangkat potensi wisata Indonesia yang memiliki banyak spot untuk surfing. Terimakasih banyak atas dukungannya dan semoga lebih banyak lagi Rio-rio yang baru dan Indonesia bisa menorehkan prestasi lebih banyak lagi," katanya.

(aff/nds)