Indonesia Oke di SEA Games 2021, Ketua KOI Berterimakasih ke Menpora

Tim Detikcom - Sport
Selasa, 24 Mei 2022 23:08 WIB
Menpora Zainudin Amali-Ketua KOI Raja Sapta Oktohari
Ketua KOI Raja Sapta Oktohari dan Menpora Zainudin Amali (dok.Kemenpora)
Tangerang -

Indonesia finis tiga besar di SEA Games 2021. Target terpenuhi, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari berterima kasih kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Kontingen Indonesia baru saja tiba di Tanah Air selepas tampil di SEA Games 2021, Senin (23/5/2022) kemarin. Indonesia menuntaskan di posisi ketiga dengan total raihan 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

Ini adalah raihan maksimal dari kontingen yang menurunkan 499 atlet di 32 cabang olahraga. Memang jumlah atlet yang diturunkan lebih sedikit dari edisi sebelumnya, namun pencapaiannya harus diapresiasi.

Pencapaian oke ini tak lepas dari dukungan berbagai pihak, salah satunya Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Sebab, pemerintah dalam hal ini memegang kunci perihal dana pelatnas yang berfungsi untuk persiapan para atlet.

Ketua NOC Indonesia Sebut Keberhasilan Tim Merah Putih di SEA Games 2021 Vietnam Tak Lepas dari Dukungan Menpora Amali.

"Hasil ini tidak lepas dari dukungan dari semua pihak, semua stakeholder olahraga, terutama Menpora," kata Raja Sapta Oktohari dalam keterangan persnya.

Pencapaian Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam juga tidak lepas dari paradigma baru olahraga yang digaungkan. Sekarang ini, sudah ada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional.

Nah, DBON itu jadi dasar untuk para cabang olahraga mengukur target para atletnya. Nantinya Indonesia bisa lebih fokus untuk meningkatkan diri di cabor-cabor yang memang berpotensi memberikan gelar juara.

Meski masih ada kekurangan di sana-sini, DBON dipuji Okto karena banyak atlet cabor prioritas yang memberikan medali.

"Semua atlet yang berangkat ke SEA Games Vietnam itu sudah terseleksi dari tim verifikasi yang targetnya memang medali. Apa yang dicapai para atlet ini membanggakan kita semua karena juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan prestasi dari SEA Games sebelumnya," ujar Okto.

"Yang menarik adalah banyak olahraga dari nomor tim bisa mendulang prestasi memuaskan. Ini tidak terlepas dari dukungan pelatih dan ofisial. Terima kasih juga atas doa dan dukungan dari semua pihak," pungkas Raja Sapta Oktohari.

Lihat juga Video: Perolehan Medali SEA Games 2021, Indonesia di Posisi 4 Geser Filipina

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/pur)