DBON Berjalan Baik, Tim Review Apresiasi Menpora Amali

ADVERTISEMENT

DBON Berjalan Baik, Tim Review Apresiasi Menpora Amali

Tim Detikcom - Sport
Rabu, 25 Mei 2022 04:10 WIB
Menpora Zainudin Amali (kiri) mengalungkan medali emas kepada lifter Indonesia Eko Yuli Irawan (kanan) saat upacara penghormatan pemenang final angkat besi nomor 61 kg putra SEA Games  2021 Vietnam di Hanoi Sports Training and Competition Center, Hanoi, Vietnam, Jumat (20/5/2022). Eko Yuli Irawan berhasil meraih medali emas dengan total angkatan
Tim Review PPON apresiasi kinerja Menpora Zainudin Amali (ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU)
Jakarta -

Indonesia finis ketiga di klasemen SEA Games 2021. Tim Review PPON menilai kinerja Kemenpora sudah oke karena Desain Besar Olahraga Nasional bisa terlaksana.

Kontingen Indonesia baru saja tiba di Tanah Air selepas tampil di SEA Games 2021, Senin (23/5/2022) kemarin. Indonesia menuntaskan di posisi ketiga dengan total 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

Ini adalah raihan maksimal dari kontingen yang menurunkan 499 atlet di 32 cabang olahraga. Memang jumlah atlet yang diturunkan lebih sedikit dari edisi sebelumnya, namun pencapaiannya harus diapresiasi.

Memang raihan medali Indonesia terpaut jauh sekali dari Vietnam yang jadi juara umum dengan 205 medali emas. Meski demikian, SEA Games memang bukan sasaran utama melainkan hanya sasaran antara, seperti yang tertuang dalam DBON.

Oleh karenanya, pencapaian kontingen Indonesia terbilang oke dan Menpora Amali pantas mendapat apresiasi, karena bisa mengawal penerapan DBON dengan baik.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi dengan kinerja Pak Menpora yang selama ini mengawal DBON dengan baik. Selam penerapan DBON di SEA Games kali ini memang banyak tantanganya, namun kita tim review selalu terus mendapat dukungan Menpora Amali. Dan alhamdulilah berjalan dengan sukses," kata Ketua Tim Review PPON Kemenpora Asmawi dalam keterangannya kepada media.

Asmawi berjanji akan meningkatkan lagi penerapan DBON ke depannya, karena diakui masih ada kekurangan di sana-sini, Meski demikian, SEA Games 2021 adalah titik awal dalam perubahan paradigma baru olahraga Indonesia.

"Saya kira pelaksanaan DBON sekarang sudah benar, dan perlu kita tingkatkan lagi ke depannya," sambung Asmawi yang juga sebagai akademisi di Universitas Negeri Jakarta.

Hal yang sama juga disampaikan anggota Tim Review, Hari Setiono, yang memuji DBON berjalan baik karena menurunnya jumlah atlet, sehingga lebih efektif dalam menggapai target.

"Saya kira ini adalah awal yang baik dan benar dalam pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional, dan pola ini harus ditingkatkan lagi. Pak Menteri memiliki peran yang besar, dan Alhamdulilah selama ini terus mendukung dengan apa yang dilakukan tim review. Hasilnya Indonesia sekarang bisa menembus tiga besar SEA Games 2021 Vietnam, meskipun target utama kita adalah Olimpiade," tutur Hari.

Lihat juga Video: Sosialisasi DBON 2021 di Jawa Barat Resmi Dibuka

[Gambas:Video 20detik]




(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT