Rio Waida Diharapkan Raih Gelar Lagi, Kini di Kejuaraan Dunia Surfing

Mercy Raya - Sport
Rabu, 25 Mei 2022 15:30 WIB
ICHINOMIYA, JAPAN - JULY 25: Rio Waida of Team Indonesia performs an aerial maneuver during the Mens Round 1 heat on day two of the Tokyo 2020 Olympic Games at Tsurigasaki Surfing Beach on July 25, 2021 in Ichinomiya, Chiba, Japan. (Photo by Ryan Pierse/Getty Images)
Rio Waida Diharapkan Raih Gelar Lagi, Kini di Kejuaraan Dunia Surfing (Foto: Getty Images/Ryan Pierse)
Jakarta -

Peselancar Indonesia Rio Waida diharapkan dapat melanjutkan tren positifnya di World Surfing League (WSL) Championship Tour 2022.

Harapan itu disampaikan Menpora Zainudin Amali, usai mengucapkan selamat atas torehan prestasi olimpian asal Bali ini di Sydney Surf Pro 2022 nomor Open Mens, yang berlangsung di Manly Beach, Australia, pada 17-24 Mei.

Rio Waida menyabet gelar sekaligus mengukir sejarah karena menjadi orang Indonesia pertama yang menjuarai ajang tersebut. Ia berhasil mengalahkan Ryan Callinan di final yang merupakan atlet tuan rumah.

Rio mendapatkan skor tertinggi 17,73 mengalahkan Ryan Callinan dengan skor 15,70.

"Selamat kepada Rio Waida atas prestasi yang diraih dengan menjadi juara kompetisi selancar ombak bergengsi Sydney Surf Pro. Tentu ini prestasi sangat membanggakan bagi masyarakat Indonesia," kata Amali dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/5/2022).

Prestasi yang ditorehkan Rio ini, sebut Menpora asal Gorontalo ini, membuktikan bahwa peselancar Indonesia tak bisa dipandang sebelah mata. Sekalipun di Indonesia sendiri olahraga tersebut belum terlalu populer dan digemari masyarakat seperti cabang olahraga lainnya.

"Tapi dengan prestasi yang diraih Rio Waida, mudah-mudahan menjadi pemacu semangat dan motivasi sehingga makin banyak yang menggeluti olahraga ini dan mencetak prestasi di kancah dunia," ujarnya.

Setelah menjadi juara, Rio akan kembali tampil di World Surfing League (WSL) Championship Tour 2022. Ajang itu dilangsungkan di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi 26 Mei hingga 4 Juni.

Rio Waida mendapat wild card untuk tampil dalam ajang yang akan dibuka dan disaksikan secara langsung oleh Menpora tersebut.

"WSL ini merupakan liga surfing internasional yang memiliki social media engagement terbesar ketiga dunia setelah NBA dan NFL (American Football). Saya harap Rio menorehkan prestasi di WSL di Banyuwangi nanti," politikus Golkar ini mengharapkan.

(mcy/aff)