Formula E Jakarta Seru, Penonton pun Dimudahkan

Tim Detikcom - Sport
Minggu, 05 Jun 2022 00:17 WIB
Sebanyak 22 pebalap memeriahkan Formula E Jakarta. Yuk lihat para pebalap adu cepat di ajang tersebut.
Balapan perdana Formula E Jakarta 2022 berlangsung sukses karena dukungan banyak pihak (Pradita Utama/detikSport)
Jakarta -

Formula E Jakarta boleh dibilang berjalan lancar dan seru di edisi perdananya. Tak cuma itu, berbagai fasilitas memang dibuat untuk memudahkan para penonton.

Sedari awal direncanakan dua tahun lalu, Formula E Jakarta memang lebih banyak pembicaraan di luar ketimbang di dalam lintasan. Unsur politik bermain di sini sehingga dari sisi olahraganya jarang terekspos.

Oleh karenanya, mungkin tidak banyak warga Jakarta dan Indonesia tidak tahu apa itu Formula E, seperti apa perlombaan dan aturannya, lalu siapa saja nama pebalap serta tim yang ikut di dalamnya.

Namun, pada prosesnya balapan itu tetap berjalan sesuai rencana hingga akhirnya dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sabtu (4/6/2022) sore WIB di Sirkuit Internasional e-Prix Jakarta, Ancol.

Meski terbilang baru, balapan Formula E tetap mengundang animo penonton yang besar dan mereka terkesima dengan raungan mesin mobil elektrik, yang tak biasa didengar sehari-hari.

Balapan juga seru ketika terjadi persaingan ketat antara Mitch Evans dan Jean-Eric Vergne di lap terakhir, sebelum Evans akhirnya jadi pemenang. Para penonton pun dibuat puas dengan aksi-aksi para pebalapnya.

Sukses di dalam lintasan juga tak lepas dari peran di luar lintasan, ketika pihak panitia memberikan kenyamanan untuk para penonton yang hadir. Berbagai macam hiburan disediakan agar penonton bisa menghabiskan waktu.

Bantuan 31 sponsor yang mendukung Formula E Jakarta adalah alasan utamanya. Salah satu pendukungnya adalah Bank Artha Graha International yang mendirikan booth yang cukup luas di pinggir pantai Ancol.

Artha Graha dalam hal ini membantu panitia untuk memudahkan para penonton melakukan transaksi pembelian di boot-booth yang tersedia. Mereka meluncurkan pelayanan pembayaran non-tunai Agi, yang merupakan wajah baru digital apps Bank Artha Graha Internasional.

Tidak tanggung-tanggung, 150 merchant yang ada dalam kawasan Formula E Jakarta 2022 menggunakan QRIS Agi sebagai metode pembayaran. Untuk memudahkan transaksi konsumennya, Artha Graha menempatkan booth top up dan main booth yang tersebar 16 titik di kawasan Formula E Jakarta 2022, seperti Pantai Festival (Sustainable Stage), Area Lumba-Lumba (Vibrant Stage), dan kawasan Inner area (E-Village ABC Mall).

Pengunjung yang belum memiliki aplikasi Agi dapat mendownload di Apps Store dan Play Store dan melakukan registrasi untuk dapat bertransaksi di berbagai merchant UMKM yang ada.

Dengan demikian, Artha Graha mengklaim mereka sudah ikut mengkampanyekan energi ramah linkungan dan berkelanjutan lewat proses pembayaran non-tunai. Sistem yang dipakai di Formula E Jakarta ini bisa dijadikan salah satu implementasi dari penerapan ekonomi berkelanjutan dan transformasi digital yang secara konsisten dilakukan oleh Bank Artha Graha Internasional.

Direktur Digital Banking & Network Bank Artha Graha Internasional Indrastomo Nugroho menyebutkan bahwa kehadiran Formula E Jakarta 2022 dapat digunakan sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia mengenai pembangunan berkelanjutan dan Bank Artha Graha Internasional siap untuk mendukung kesuksesan event ini.

Artha Graha juga meluncurkan logo baru dari aplikasi Agi ini yang menyerupai angka '9'. Dalam kekaisaran Cina kuno, angka "9" memiliki arti kesuksesan atau pencapaian tertinggi dalam hidup.

"Bank Artha Graha mendukung sepenuhnya sistem pembayaran pada event berskala internasional ini, melalui Agi sebagai new platform digital apps dari Bank Artha Graha yang mengusung Financial Life Balance dan tercermin pada fitur-fitur yang ada di dalamnya. Sebagai first mover bank in sustainable finance, Bank Artha Graha mengajak teman Agi untuk mendukung green banking dengan melakukan pembukaan rekening secara online dan dapat melihat laporan transaksi secara langsung melalui smartphone," jelas Indrastomo dalam rilis kepada detikSport.

"Dengan tampilan yang lebih fresh, Agi menawarkan banyak fitur baru seperti penempatan scan QRIS yang bisa dilakukan tanpa perlu log in, fitur favorit untuk menyimpan transaksi yang paling sering digunakan nasabah dan fitur financial journey (rangkuman transaksi hingga 3 Bulan). Ke depannya, Agi akan terintegrasi dengan e-commerce, investment, lifestyle platform dan juga digital lending untuk produk cash loan, BNPL dan Pembiayaan UMKM," sambungnya,

(mrp/rin)