Menpora: Bonus SEA Games 2021 Diberikan Paling Lambat Jumat Ini

Mercy Raya - Sport
Senin, 06 Jun 2022 20:10 WIB
Menpora Zainudin Amali (kiri) mengalungkan medali emas kepada lifter Indonesia Eko Yuli Irawan (kanan) saat upacara penghormatan pemenang final angkat besi nomor 61 kg putra SEA Games  2021 Vietnam di Hanoi Sports Training and Competition Center, Hanoi, Vietnam, Jumat (20/5/2022). Eko Yuli Irawan berhasil meraih medali emas dengan total angkatan
Menpora Zainudin Amali bilang bonus SEA Games akan diberikan Jumat ini. (Foto: ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali menyebut pemberian bonus kepada peraih medali SEA Games 2021 akan diberikan paling lambat, Jumat (10/6/2022). Nominalnya sama dengan saat SEA Games 2019.

"Kami akan segera berikan apresiasi dan terima kasih dari pemerintah pekan ini. Kemarin saya sudah konsultasi dengan Bapak Presiden dan paling lambat Jumat," kata Amali saat ditemui di Kemenpora, Senayan, Senin (6/6/2022).

"Tapi tergantung jadwal dan kegiatan Bapak Presiden. Kami menyesuaikan saja," lanjutnya.

Amali mengatakan pemberian bonus rencananya akan dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Bogor. Namun, kemungkinan hanya perwakilan atlet dan ofisial saja yang hadir sebagai perwakilan.

Seperti diketahui, Indonesia menempati peringkat ketiga di multievent dua tahunan se-Asia Tenggara. Posisi itu mereka raih setelah mengantongi 69 medali emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

Mengenai nominal apresiasi yang akan diberikan, Menpora asal Gorontalo itu mengatakan tidak ada perubahan, masih sama dengan SEA Games 2019. Peraih medali emas diganjar Rp 500 juta, perak Rp 300 juta, dan perunggu Rp 150 juta.

"Arahan Bapak Presiden sama (nominalnya) dengan 2019. Waktu saya bertemu di Formula E, dia sudah menyampaikan, segera," ujarnya.

Presiden Gembira Indonesia Raih 3 Besar

Tak hanya soal bonus, Menpora Amali juga menyebut Presiden Jokowi menyambut gembira hasil Merah Putih yang sukses menempati peringkat ketiga di SEA Games 2021. Terlebih, hasil itu sesuai dengan harapannya.

"Saya kira begini Presiden saat pelepasannya menyampaikan harapan saja. Beda beliau waktu melepas 2019 itu langsung menyebut angka, target. Sebab, beliau tahu bahwa kita berkurang hampir setengah (jumlah kontingen), kemudian ada 30 medali emas yang hilang karena tidak dipertandingkan. Tapi karena yang berangkat benar-benar terseleksi maka hasilnya bagus," kata Amali.

"Bapak Presiden tentu senang dan gembira. (Makanya) Beliau waktu ketemu saya langsung tanya, kapan bonus? Ya, saya jawab, itu lah Pak, saya mau minta arahannya seperti apa," tambahnya.



Simak Video "PBESI Yakin Esports RI Raih 6 Medali Emas di SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)