Anggaran Mepet tapi Berprestasi, Menpora Diapresiasi Komisi X

Tim Detikcom - Sport
Sabtu, 11 Jun 2022 00:15 WIB
Menpora Zainudin Amali-Komisi X DPR RI
Menpora Zainudin Amali dan Komisi X DPR RI. (dok.Kemenpora)
Jakarta -

Komisi X DPR RI kembali memuji kinerja Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Menurut mereka, Kemenpora masih bisa bekerja maksimal meski anggarannya mepet.

Hal ini dikatakan oleh sejumlah anggota Komisi X saat melakukan rapat kerja dengan Menpora Zainudin Amali membahas RKA-K/L Kemenpora 2023 di ruang rapat Komisi X DPR, Gedung Nusantara I, Senayan, Kamis (10/6).

Rapat ini dihelat untuk menentukan anggaran kerja Kemenpora tahun depan, yang lagi-lagi cuma mendapat secuil kue dari total APBN. Kemenpora diperkirakan mendapat Rp 1,665 triliun untuk 2023.

Jumlah tersebut tentu kalah banyak ketimbang kementerian/lembaga negara lainnya. Namun, di tahun ini dan tahun lalu, Kemenpora tetap bisa mengantarkan atlet-atlet Indonesia berprestasi.

Contohnya lewat program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) tahun ini, Indonesia finis posisi ketiga di SEA Games 2021 meski jumlah atlet dan cabor dipangkas.

Oleh karenanya Komisi X meminta Kemenpora mempertahankan DBON yang dianggap sudah tepat. Mereka berharap anggaran Kemenpora tidak dipangkas lagi agar tidak mempengaruhi pembinaan olahraga Indonesia,

"Kami menyampaikan apresiasi kepada Menpora, dengan dana yang sangat terbatas. Tetapi masih menorehkan prestasi di SEA Games 2021 Vietnam," kata Anggota FPDIP, Sofyan Tan, dalam rilis kepada detikSport.

Tan bahkan bakal memperjuangkan usulan tambahan anggaran Kemenpora untuk sejumlah event yang dihelat di Indonesia tahun depan, serta dana yang belum masuk dalam pagu indikator RKA-K/L tahun 2023.

"Fraksi PDIP memberikan dukungan untuk diperjuangkan lebih lanjut dan kami akan perjuangkan tambahan anggaran Rp 3 Triliun ini akan bisa terwujud," sambung Tan.

Hal senada juga disampaikan Anggota Golkar, Mujib Rohma, yang memberikan apresiasi kepada Amali karena memang menorehkan prestasi dengan anggaran yang relatif kecil.

"Kesimpulan saya DBON kita memang on right track, itu sudah betul dan kalau dilaksanakan dan diikuti dengan anggaran yang cukup memadai saya yakin prestasi semakin hari semakin baik," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ratih Megasari Singkarru dari Fraksi Nasdem mengapresiasi program-program Amali dan prestasi yang telah dicapai. Dia memastikan pihaknya akan berjuang agar Kemenpora bisa ditingkatkan anggarannya di Badan Anggaran DPR.

"Saya sangat dan antusias sekali dengan pencapaian Menpora ini terkhusus di ajang olahraga kita. Walaupun dananya kecil, minim, terkecil di komisi X tapi prestasinya sangat luar biasa sekali," tutupnya.

(mrp/ran)