ADVERTISEMENT

Palembang Gelar FORNAS 2022, Didukung LPDUK Kemenpora

Tim Detikcom - Sport
Sabtu, 02 Jul 2022 00:05 WIB
Barongsai Singa Mas Cirebon akan berlaga di FORNAS Palembang.
Ilustrasi Fornas 2022 (Istimewa)
Palembang -

Palembang ramai awal bulan ini karena ada Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI 2022. LPDUK Kemenpora mendukung penuh pendanaan acara tersebut.

FORNAS memasuki edisi keenam tahun ini yang dihelat mulai 1 hingga 7 Juli. Upacara pembukaan sendiri sudah dilakukan, Jumat (1/6/2022) di Rowing and Canoeing Regatta Course Jakabaring Sport City, Palembang. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali membuka langsung acara ini.

FORNAS kali ini jadi momentum penting untuk mewujudkan industrialisasi olahraga rekreasi sebagai bagian dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang tengah digaungkan oleh Kemenpora. Apalagi acara ini sempat vakum dua tahun karena pandemi COVID-19.

Olahraga rekresasi memang belum jadi sorotan utama di Tanah Air, sehingga sponsor belum deras berdatangan layaknya olahraga pada umumnya. Meski demikian, sejauh ini sudah ada dana sponsor masuk sekitar Rp 15 miliar berdasarkan Commitment Letter.

Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Panitia Pelaksana FORNAS bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora.

Sebagai event yang menggunakan anggaran dan fasilitas negara, pengelolaan dana sponsor FORNAS ini memang termasuk obyek penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang kemudian bisa digunakan kembali untuk mendukung penyelenggaraan event tersebut.

Dana sponsor tersebut membantu panpel menghadirkan event yang lebih berkualitas dan semarak di tengah keterbatasan anggaran dari ABPD maupun APBN.

"Kami menyampaikan terimakasih dengan antusasime masyarakat Sumsel untuk menyemarakkan FORNAS VI jni. Juga kepada para sponsor yang sudah berkontribusi dan jumlahnya signifikan. Kami sudah berkoordinasi dengan Panitia Pelaksana FORNAS VI terkait penggunaan dana sponsor tersebut, termasuk didalamnya untuk Upacara Pembukaan dan Penutupan FORNAS VI," ujar Plt. Kepala Divisi Keuangan dan Umum LPDUK Kemenpora, Dini Desriani, dalam rilis kepada detikSport.

Sejumlah perusahaan, baik BUMN, BUMD maupun swasta terlibat mensponsori kegiatan ini seperti PT Bukit Asam, Bank Sumsel Babel, PT OKI Pulp&Paper, Bank BPR Sumsel, PT Jamkrida Sumsel, PT Sriwijaya Sumsel Mandiri, PT Sumsel Energy Gemilang, PT Pupuk Sriwijaya, PT Swarnadwipa dan PT Semen Baturaja.

Sebagai Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kemenpora dan Kementerian Keuangan, LPDUK merupakan unit kerja yang memiliki fungsi utama mendorong dan mengembangkan industri olahraga. Lembaga ini memiliki visi Menjadi Lembaga yang Profesional dan Akuntabel dalam Pengelolaan Dana dan Penyelenggaraan Usaha Keolahragaan di Indonesia.

BLU LPDUK Kemenpora telah menjalin kerjasama dengan Pemprov Sumsel dan Panpel FORNAS 20202. Kerjasama tersebut dituangkan dalam Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerja Sama.

LPDUK juga siap untuk bekerjasama menyukseskan FORNAS-FORNAS berikutnya yang digelar oleh Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) tersebut.

(mrp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT