ADVERTISEMENT

Wow! Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Dunia Lagi

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 09 Jul 2022 04:45 WIB
SALT LAKE CITY, UTAH - MAY 28: Kiromal Katibin of Indonesia celebrates breaking the speed world record with a 5.258 during the speed climbing qualifications of the IFSC Climbing World Cup at Industry SLC on May 28, 2021 in Salt Lake City, Utah. (Photo by Andy Bao/Getty Images)
Kiromal Katibin pecahkan rekor dunia speed climbing lagi (Getty Images/Andy Bao)
Chamonix -

Kiromal Katibin belum mau berhenti memecahkan rekor dunia. Atlet panjat tebing Indonesia itu kembali melewati catatan waktu terbaiknya. Top!

Kiromal pada pekan lalu mengikuti IFSC World Cup 2022 (Piala Dunia Panjat Tebing) di Villars, Swiss. Pada babak semifinal di nomor speed putra, Kiromal dua kali memecahkan rekor waktu dunia.

Pertama di 5,09 detik yang ditajamkan lagi dengan 5,04 detik. Ini jadi kali ketiga dia memecahkan rekor dunia tahun ini, meski hasil akhir di Swiss tak baik.

Kiromal gagal menuntaskan babak final sehingga harus puas berada di peringkat keempat. Setelah dari Swiss, Kiromal beserta tim panjat tebing pindah ke Chamonix, Prancis, untuk melanjutkan kiprahnya di ajang tersebut.

Seperti semua atlet, Kiromal dkk. harus mengikuti sesi kualifikasi yang dimulai, Jumat (8/7/2022) malam waktu setempat atau Sabtu (9/7) dini hari WIB. Kiromal lagi-lagi mengharumkan nama bangsa lewat aksinya saat memanjat dinding.

Kali ini atlet asal Batang, Jawa Tengah itu membukukan rekor dunia lagi, kali ini dipertajam jadi 5 detik! Dari hasil kualifikasi, catatan waktu Kiromal itu berjarak 0,15 detik dari atlet China Zhang Liang dan 0,16 detik dari Cao Long.

Di posisi sepuluh besar nomor speed putra, Indonesia menempatkan juga Reza Shenazandifard di posisi keenam dengan 5,28 detik, disusul Veddriq Leonardo dengan 5,34 detik dan Zaenal Aripin di posisi kesembilan dengan 5,45 detik.

Kiromal Katibin pecahkan rekor dunia panjat tebing nomor speed putra.Kiromal Katibin pecahkan rekor dunia panjat tebing nomor speed putra. (Foto: Istimewa)

Keberhasilan Kiromal mencatatkan rekor dunia ini juga disaksikan langsung Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FTPI) Yenny Wahid. Dia mengaku senang dengan pencapaian Kiromal dan berharap bisa dipertahankan hingga tampil di Olimpiade 2024.

"Alhamdulillah hari ini di Paris, atlet kita Kiromal Katibin kembali mengukir prestasi gemilang, dengan memecahkan rekor dunia. Rekor yang dipegangnya sendiri kembali dipecahkan. Kami tentunya sebagai delegasi Indonesia sangat-sangat bangga dengan pencapaian ini," ujar Yenny dalam rilis kepada detikSport.

"Semoga prestasi ini terus dipertahankan, sampai endingnya nanti di Olimpiade," sambungnya.

Kiromal Katibin lolos ke perdelapanfinal nomor speed putra, Sabtu (9/7), untuk menghadapi rekan senegara Muhammad Fajri yang dimulai pukul 21.00 malam waktu setempat.

"Saya sangat senang karena saya berlatih keras dan dengan hasil yang maksimal, terima kasih untuk doa-doanya dan dukungannya. Semoga panjat tebing Indonesia selalu berjaya," kata Kiromal.



Simak Video "Aksi 'Spiderman' Indonesia Kiromal Katibin Saat Pecahkan Rekor Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT