ADVERTISEMENT

Indonesia Kirim 9 Wakil ke Chess Olympiad 2022, Ada WGM Irene Kharisma

Mercy Raya - Sport
Selasa, 26 Jul 2022 22:09 WIB
chess olympiad 2022 catur irene kharisma sukandar susanto megaranto
Wakil Indonesia yang akan berangkat ke Chess Olympiad 2022. (Foto: Dok. Percasi)
Jakarta -

Sembilan pecatur Indonesia, termasuk Irene Kharisma Sukandar dan Susanto Megaranto, akan tampil di Chess Olympiad 2022. Perbaikan peringkat diharapkan.

Ajang kompetisi catur tertinggi di dunia ini dilangsungkan di Chennai, India, mulai 29 Juli hingga 10 Agustus 2022. Indonesia sendiri mengirimkan sembilan pecatur terbaiknya.

Di sektor putra, ada GM (Grand Master) Susanto Megaranto, GM Novendra Priasmoro, FM (Fide Master) Muhamad Agus Kurniawan, (International Master) Mohamad Ervan, dan IM Yoseph Theolifua Taher.

Sedangkan tim putri terdiri dari Women Grand Masters [WGM] Irene Kharisma Sukandar, WGM Medina Warda Aulia, Fariha Mariroh, dan WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra.

Mereka dilepas langsung oleh Ketua Umum PBPercasi GMUtutAdianto. Acara juga dihadiri segenap jajaran pengurus PBPERCASI, di kawasan Kemang, Jakarta. Dalam kesempatan itu, Utut berharap para atlet dapat memperbaiki peringkat Timnas Catur Indonesia, baik dari kelompok putra maupun putri.

"Bermainlah dengan sepenuh jiwa raga, karena kalian membawa nama Indonesia. Kami bangga bila kalian dapat memperbaiki peringkat," kata Utut dalam rilis yang diterima detikSport.

Tim catur putra Indonesia saat ini berada di peringkat ke-57 dari 155 negara anggota FIDE (Federation Internationale des Echecs) atau Federasi Catur Dunia. Sedangkan tim putri berada di urutan ke-32 dari 111 negara.

Peringkat tiap tim atau negara sendiri didapatkan berdasarkan rata-rata elo rating catur standar (yang diaminkan) dari 10 pemain aktif dengan rating tertinggi di tiap kelompok (putra/putri).

Sementara itu, Chess Olympiad semula akan dijadwalkan di Rusia. Namun gara-gara perang dengan Ukraina, lokasi dipindahkan Federasi Catur Internasional.

India kemudian menjadi tuan rumah, yang merupakan kesempatan pertama kalinya. Sebagai tuan rumah Chess Olympiad ke-44, India memang dikenal sebagai tempat lahirnya banyak pecatur handal.

Nantinya, kejuaraan tersebut akan diikuti 180 negara. Terakhir kali, ajang ini diadakan pada 2018 lalu, sebab pada 2020, kejuaraan ini sempat ditiadakan karena pandemi COVID-19 berkecamuk.

(mcy/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT