ADVERTISEMENT

Percasi Kalteng Dilantik, Gelar Turnamen Catur Piala Gubernur

Bayu Baskoro - Sport
Kamis, 07 Jul 2022 23:30 WIB
PB Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) pusat resmi melantik kepengurusan Pengprov Percasi Kalimantan Tengah periode 2021- 2025.
Pengprov Percasi Kalimantan Tengah periode 2021-2025 resmi dilantik. (Foto: Istimewa)
Palangkaraya -

Pengprov Percasi Kalimantan Tengah menggelar turnamen catur Piala Gubernur. Kompetisi ini digelar bertepatan dengan pelantikan Pengprov Percasi Kalteng.

PB Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) pusat resmi melantik kepengurusan Pengprov Percasi Kalimantan Tengah periode 2021-2025. Kepengurusan Pengprov Kalteng akan dipimpin oleh Saiful.

Seremonial pelantikan digelar di Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Selasa (5/7/2022). Pengukuhan dipimpin oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) Percasi Bidang Organisasi, Laksamana TNI Abdul Rivai Ras.

Hadir pula dalam acara tersebut Sekjen PB Percasi Hendri Hendratno dan Sekretaris Daerah Kalteng, Nuryakin.

Pelantikan ini sedianya digelar pada 2021 lalu. Namun, pelantikan diundur karena Indonesia masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Laksmana TNI Abdul Rivai Ras mengatakan, pelantikan ini menjadi momentum yang tepat untuk kebangkitan Pengprov Percasi Kalteng.

"Ini momentum terbaik bagi Kalteng untuk memajukan catur Indonesia. Sesungguhnya, Kalteng ini juga pernah berprestasi di PON," kata Abdul Rivai.

Bertepatan dengan hari pelantikan, Pengprov Percasi Kalteng juga menggelar Open Turnamen Catur Piala Gubernur Kalteng Tingkat Nasional Tahun 2022.

"Diharapkan dalam turnamen ini bisa menghasilkan bibit-bibit pecatur yang tangguh. PB Percasi terus mendorong semua pengprov di Indonesia terus melakukan kegiatan pelatihan, coaching dan turnamen secara," ucap Abdul Rivai

Ketua Panitia, Ahmad Saifudin, mengatakan terselenggaranya turnamen ini menindaklanjuti arahan dari Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, terkait promosi budaya dan kearifan lokal Kalteng.

"Selain itu juga turnamen ini sebagai wadah pembinaan atlet untuk mempertahankan prestasi yang sudah ada dan meningkatnya," kata Ahmad Saifudin.

Peserta yang mengikuti turnamen ini tersebar dari berbagai daerah seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, DKI Jakarta, Gorontalo dan tim Olimpiade catur Indonesia.

Sekda Kalteng, Nuryakin, menyampaikan selamat dan sukses bagi kepengurusan yang baru. Kepengurusan kali ini diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet baru yang berprestasi mengharumkan Kalteng, bahkan Indonesia.

"Kepengurusan Percasi Kalteng masa bakti 2021-2025 sangat saya harapkan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan janji dan tekad yang sudah saudara semua nyatakan hari ini", tutur Nuryakin.

"Kepengurusan Percasi yang baru ini dengan bersemangat juga menyelenggarakan open turnamen tingkat nasional, untuk itu hendaknya ilmu dan semangat juang bagi atlet catur Kalteng saya harapkan semakin bertumbuh", ucapnya.



Simak Video "Kontingen Indonesia Sumbang Medali Emas dari Cabor Catur"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT