ADVERTISEMENT

ASEAN Para Games 2022: Tim Sepakbola CP Target Pertahankan Emas

Mercy Raya - Sport
Kamis, 28 Jul 2022 18:55 WIB
ASEAN Para Games Sepakbola
Foto: NPC Indonesia
Jakarta -

Indonesia kembali mengirimkan Timnas sepakbola celebral palsy (CP) di ASEAN Para Games 2022. Mereka mematok target pertahankan medali emas.

Tim besutan pelatih Anshar Ahmad meraih kampiun tertinggi pada APG terakhir di Malaysia 2017. Sekaligus menyempurnakan gelar juara umum kontingen Merah-Putih usai meraih 126 medali emas.

Target itu pun diharapkan dapat kembali terulang pada multiajang olahraga atlet-atlet difabel se-Asia Tenggara di Solo, mulai 30 Juli - 6 Agustus ini.

"Saya bersama seluruh pemain dan ofisial bertekad untuk kembali meraih gelar juara. Kami yakin bisa meraih medali emas APG 2022," kata Anshar dalam keterangan resminya, Kamis (28/7/2022).

Keyakinan Anshar bukan tanpa sebab. Selain, 14 pemain skuadnya telah lolos klasifikasi, tujuh di antaranya merupakan penggawa yang ikut membawa gelar juara di ASEAN Para Games lima tahun lalu. Mereka ialah kapten tim Yahya Hernanda, kiper Amin Rosyid, Adi Joko Saputro, Dani Priyo Sejati, Cahyana, Ahmad Yuliarsi dan Yahya Muhaimi.

"Kami sudah siapkan beberapa strategi baru untuk memenangi setiap pertandingan nanti,'" ujar eks asisten pelatih Persis Solo itu.

Tak hanya itu, hasil uji coba selama menjalani Pelatnas di Solo, menjadi modal kepercayaan diri bagi Yahya Hernanda dkk dalam mengarungi multievent kali ini. Berdasarkan catatan sang arsitek tim, Timnas sepakbola CP memetik lima kemenangan, dari delapan kali uji tanding.

Optimisme senada juga diungkapkan kapten tim Yahya Hernanda. Hal itu tak lepas dari hasil uji coba sepak bola CP dengan sistem pertandingan 7 a side football di Stadion UNS Solo kampus Kentingan.

"Lawan terberat itu Thailand karena jam terbang mereka lebih tinggi. Timnas Thailand itu sering ikut event internasional, termasuk Piala Dunia sepak bola CP di Spanyol, Mei lalu. Tapi kami juga tidak memandang sebelah mata kekuatan tim-tim lainnya, kata gelandang asal Kalimantan Selatan itu.

Di ASEAN Para Games 2022, khusus cabang sepak bola CP, ada empat tim yang akan bertanding untuk memburu gelar juara. Selain tuan rumah Indonesia dan Thailand, tim lain yang akan berkompetisi di cabang tersebut adalah Myanmar dan Kamboja. Malaysia yang semula akan turut bersaing, dikabarkan membatalkan diri.

"Memang belum ada temu teknik yang memastikan tim-tim yang akan berlaga. Tapi jika Malaysia benar tidak turut bertanding, maka persaingan sedikit berkurang. Yang penting, anak-anak tetap fokus pada setiap laga,'" kata Anshar Ahmad.

Berikut daftar pemain dan ofisial timnas sepak bola CP NPC Indonesia untuk APG 2022:

1. Amin Rosyid (penjaga gawang)
2. Ahmad Yusuf (penjaga gawang)
3.Yahya Hernanda (kapten)
4. Ahmad Yuliarsi
5. Adi Joko Saputro
6. Dany Priyo Sejati
7. Yahya Muhaimi
8. Cahyana
9. Mahdianur
10. M Ikhsan Tabrani
11. M Ridhani
12. Abdul Aziz
13. Elfy Yikwa
14. Yusuf Suhendar.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT