ADVERTISEMENT

Antisipasi COVID-19, Panpel Bagi Penginapan Atlet Berdasarkan Cabor

Mercy Raya - Sport
Rabu, 27 Jul 2022 19:55 WIB
Logo ASEAN Para Games 2022
ASEAN Para Games 2022 menerapkan protokol kesehatan ketat. (Foto: dok.Internet)
Jakarta -

Panitia Pelasana ASEAN Para Games 2022 menerapkan protokol kesehatan ketat pada multievent olahraga atlet-atlet difabel terbesar di Asia Tenggara. Salah satunya dengan membagi penginapan atlet berdasarkan cabang olahraganya.

Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games Organization Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka mengatakan pemilahan hotel atlet dan ofisial sesuai cabor atas pertimbangan sitem bubble yang diterapkan dalam kaitan protokol antisiapasi COVID-19.

"Jadi per hotel, per cabor, sehingga mitigasi terhadap COVID-19 dapat lebih gampang. Jadi dengan segala konsekuensinya, acara akan tetap berjalan dengan protokol kesehatan ketat,' kata Gibran dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/7/2022).

Gibran yang juga Wali Kota Surakarta ini mengatakan bahwa para peserta negara sudah mulai berdatangan sejak 26 Juli kemarin, dan langsung menjalani swab antigen saat melakukan akreditasi.

"Tidak ada karantina (bagi kontingen). Jika sudah swab dan hasilnya aman ya langsung saja (masuk). Kami juga sudah siapkan tempat khusus, karantina (kalau ada yang positif COVID-19). Protokolnya sama seperti G20 itu lah. Kami juga sudah koordinasi dengan Kementerian Kesehatan juga," ujarnya.

Sementara itu, Anggota bidang Akomodasi INASPOC Surya Wardhana mengatakan total ada 15 hotel yang akan digunakan sebagai tempat menginap seluruh kontingen.

Hotel-hotel tersebut berada di wilayah Solo dan Semarang yang merupakan tempat penyelenggaraan ASEAN Para Games yang dimulai 30 Juli hingga 6 Agustus mendatang.

Surya menyebut cabang atletik menjadi cabor yang menggunakan hotel terbanyak, ada tiga lokasi. "Jumlah atlet dan ofisial atletik dari seluruh konting pesertanya mencapai 396 orang. Sementara panahan, boccia, dan bulutangkis masing-masing berada pada satu hotel," kata Surya.

"Hotel Solo Paragon digunakan untuk menginap dua cabor, yakni para angkat berat dan tenis kursi roda."

Selain di wilayah Solo, ada satu cabor yang diinapkan di Semarang, mengingat venue para renang dilombakan di Kolam Renang Jatidiri Semarang.

"Seluruh atlet dan ofisial dari seluruh negara peserta, sudah masuk ke hotel sesuai cabornya, sejak kedatangan mereka di Solo, Selasa (26/7), termasuk kontingen Brunei Darussalam yang baru datang hari ini," sebut Surya.

Seperti diketahui, terdapat 11 negara peserta yang akan mengikuti perburuan medali ASEAN Para Games. Mereka akan bersaing pada 14 cabang olahraga, atletik, renang, bulutangkis, tenis meja, catur, angkat berat, boccia, judo, goalboal, tenis kursi roda, panahan, CP Football, basket kursi roda, dan sitting volley ball.



Simak Video "Intip Suvenir Buatan Siswa SLB untuk Asean Para Games Solo 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT