ADVERTISEMENT

Tim Putri RI Punya Kans Tembus 5 Besar Chess Olympiad 2022

Mercy Raya - Sport
Senin, 08 Agu 2022 13:50 WIB
PB Percasi
Foto: PB Percasi
Jakarta -

Tim catur putri Indonesia memberikan kejutan di ajang Chess Olympiad 2022. Mereka menembus 9 besar dan berpeluang memperbaiki ranking ke tingkat lebih tinggi.

Hal itu tak lepas dari pencapaian tim yang dimotori MI Irene Kharisma Sukandar, MI Medina Wardah Aulia, WIM Anastasia Citra Dewi, dan Mariroh Fariha. Mereka mengukir kejutan di babak sembilan yang merupakan Olimpiadenya catur yang berlangsung di Cennai, India Minggu (7/8/2022) malam.

Empat pecatur putri terbaik Indonesia ini berhasil melibas tim Spanyol dengan skor 2.5-1.5. Padahal tim putri dari Negeri Matador ini berada pada level 13 besar dunia, atau 19 level lebih tinggi dari Indonesia, yang menempati seeded ke-32.

Pada babak sebelumnya, tim putri Indonesia lebih dulu mengalahkan tim catur putri Serbia (unggulan 18) dengan skor 2.5 - 1.5.

Dua kali kejutan itu membawa tim catur putri Indonesia melangkah ke peringkat sembilan dunia. Pencapaian luar hiasa itu bukan tak mungkin membuka peluang tim putri menembus lima besar. Sebab, masih tersisa ada dua babak lagi yang harus dilakoni tim putri Indonesia. Pada cabang olahraga catur semua tim wajib main selama 11 babak sistem Swiss. Akumulasi poin kemenangan regu yamg jadi hitungan ranking akhirnya.

Kepala bidang Prestasi Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), Kristianus Liem, mengapresiasi daya juang atletnya. Apalagi, pertandingan dua babak terakhir sejatinya cukup berat bagi tim putri Indonesia.

Ia pun berharap kemenangan dari dua laga sebelumnya dapat dijadikan modal tim putri Indonesia untuk melawan Amerika Serikat di babak 10. Bagaimana pun Amerika Serikat merupakan unggulan ketujuh di ajang ini. Rencananya pertandingan akan berlangsung pukul 15.00 WIB.

"Masih ada dua babak lagi. Jadi perjuangannya semakin berat. Tapi sudah dua kali buat kejutan, kenapa tidak kita buat kejutan sekali lagi," kata Kristianus Liem, dalam pesan singkatnya kepada detikSport, Senin (8/8/2022).

Tim Putra Kandas

Sementara itu tim catur putra Indonesia harus mengaku keunggulan Norwegia di babak sembilan. Tim putra Indonesia kalah 1-3.

GM Susanto Megaranto yang berhadapan melawan juara dunia, Magnus Calsen, sempat mampu mengimbanginya sampai di langkah 29. Sayangnya, Susanto membuat langkah kurang akurat pada langkah ke-29. Gajahnya mundur ke petak d1, harusnya ke petak e2. Sejak itu Menteri Carlsen dapat menerobos masuk membongkar pertahanannya. Susanto menyerah langkah ke-47.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT