ADVERTISEMENT

Ajang Sambo Ini Hadirkan Momen Langka: Khabib Kalah lalu Nangis

Kris Fathoni W - Sport
Selasa, 09 Agu 2022 20:12 WIB
LAS VEGAS, NEVADA - MARCH 05: Khabib Nurmagomedov is seen in the corner of Tagir Ulanbekov of Russia during his flyweight fight against Tim Elliott during the UFC 272 event on March 05, 2022 in Las Vegas, Nevada. (Photo by Jeff Bottari/Zuffa LLC)
Khabib Nurmagomedov pernah kalah di arena sambo semasa remaja. Foto: Zuffa LLC/Jeff Bottari
Jakarta -

Khabib Nurmagomedov pensiun dengan rekor tak terkalahkan, setidaknya secara profesional. Semasa remaja, saat masih berstatus amatir, Khabib pernah kalah di sebuah kejuaraan sambo.

Khabib secara resmi pensiun pada tahun 2020 lalu. Sosok asal Dagestan, Rusia, itu punya rekor 29 kemenangan dari 29 pertandingan di Mixed Martial Arts (MMA).

Dalam karier cemerlangnya tersebut, Khabib Nurmagomedov dikenal sebagai pakar dari sejumlah bela diri. Sambo adalah salah satunya.

Sambo sendiri merupakan olahraga bela diri tangan kosong yang berakar di Rusia. Khabib Nurmagomedov punya kedekatan tersendiri dengan sambo lewat mendiang sang ayah, Abdulmanap.

Semasa hidupnya, Abdulmanap Nurmagomedov dikenal sebagai salah satu jagoan sambo. Hal itu pula yang membuatnya pernah menjadi pelatih timnas combat sambo di Dagestan, Rusia.

Kekalahan Khabib Nurmagomedov di Ajang Sambo

Seperti dilansir RepublicWorld, Khabib Nurmagomedov bukannya tanpa terkalahkan di arena -- walaupun rekornya di arena profesional memang tanpa cela.

Salah satu kekalahan Khabib yang diketahui terjadi ketika dirinya berusia 17 tahun, ketika takluk dari lawan yang dihadapinya di kejuaraan sambo.

Disebutkan bahwa ketika itu si Khabib remaja harus mengakui keunggulan Magomed Ibragimov lewat sebuah pertarungan sengit. Khabib menangis seraya bersimpuh, dengan lawannya terlihat menyemangati secara sportif.

[Gambas:Youtube]




Kekalahan di kejuaraan sambo itu sendiri, seperti diketahui, tidak membuat Khabib Nurmagomedov berkecil hati. Pengalaman dari kekalahan tersebutnya melecut Khabib meraih dua gelar juara dunia sambo, sebelum terjun ke MMA dan kemudian UFC -- tempatnya menjadi legenda dengan rekor tidak terkalahkan.

Simak Video 'Ferdy Sambo Jadi Tersangka Pembunuhan Brigadir J':

[Gambas:Video 20detik]



(krs/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT