ADVERTISEMENT

Manuver Sambo yang Apik dari Khabib

Kris Fathoni W - Sport
Jumat, 12 Agu 2022 12:50 WIB
ABU DHABI, UNITED ARAB EMIRATES - SEPTEMBER 07: Khabib Nurmagomedov of Russia celebrates his submission victory over Dustin Poirier Dustin of United States in their Lightweight Title Bout during the UFC 242 event at The Arena on September 07, 2019 in Abu Dhabi, United Arab Emirates. (Photo by Francois Nel/Getty Images)
Khabib Nurmagomedov. Foto: (Getty Images/Francois Nel)
Jakarta -

Eks-jawara UFC Khabib Nurmagomedov dikenal ulung dalam bela diri sambo. Salah satu manuver apiknya di kejuaraan sambo pun masih dikenang sampai sekarang.

Judo, gulat, dan sambo adalah tiga bela diri yang identik dengan Khabib. Sosok 33 tahun asal Dagestan, Rusia itu terdokumentasi sudah mempelajari ketiganya sedari usia dini.

Khusus untuk sambo, Khabib Nurmagomedov juga punya figur mentor Abdulmanap Nurmagomedov. Semasa hidupnya, mendiang ayah Khabib itu juga pernah didaulat menjadi instruktur combat sambo di tim Dagestan.

Sebelum kondang di ajang UFC, yang membesarkan namanya, Khabib Nurmagomedov pun lebih dulu mengukir pencapaian sebagai jawara sambo. Di awal kariernya sebagai atlet MMA, ia sudah merengkuh gelar juara dunia sambo 2009 dan 2010.

Momen ciamik Khabib di arena sambo

Sebuah video klasik, yang di-posting Blaine Henry-nya figiht library, mengungkap sedikit kelihaian Khabib Nurmagomedov di arena sambo. Saat itu usia Khabib disebut masih 22 tahun.

Dalam video tersebut, 'The Eagle' sempat terlihat kena rengkuh duluan oleh lawannya. Tapi dengan cepat Khabib mampu membalikkan situasi dengan sejumlah manuver gerakan sambo secara berantai, sampai pada posisi mount atas lawannya.



Dari situ, Khabib Nurmagomedov perlahan-lahan membuat lawannya tak lagi berdaya. Sampai akhirnya wasit dalam kejuaraan sambo tersebut menyetop duel dengan Khabib dinyatakan sebagai pemenang.

Manuver-manuver Khabib di kejuaraan sambo tersebut niscaya tak asing lagi buat penikmat UFC. Apa yang diperlihatkan Khabib pada saat itu rutin diperlihatkannya di arena UFC, sampai pensiun dari MMA dengan rekor tanpa cela 29-0.

(krs/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT