ADVERTISEMENT

Timnas Hoki Putri Indonesia Tembus Final Asia Cup 2022

Randy Prasatya - Sport
Minggu, 14 Agu 2022 04:32 WIB
Timnas Hoki Indonesia
Foto: dok. Federasi Hoki Indonesia
Jakarta -

Timnas Hoki Indoor Putri yang tidak masuk dalam peringkat dunia membuat kejutan. Mereka menembus babak final Kejuaraan Asia Cup 2022.

Dalam pertandingan babak semifinal yang digelar di Indoor Stadium Huamark Bangkok, Thailand, Sabtu (13/8/2022), Timnas asuhan pelatih asal Malaysia, Muhammad Dhaarma Raj Abdullah, tampil luar biasa. Mereka sukses mengalahkan Malaysia lewat gol tunggal Desi Ratna Wardani.

Dalam pertandingan ketat ini, kiper utama Timnas Hoki Indoor Putri Indonesia, Putri Krismonita juga menjadi bintang. Dia sukses menggagalkan tembakan penalti pemain Malaysia, Nuraini Abdul Rashid.

"Ini prestasi yang sangat luar biasa. Timnas Hoki Indoor Putri Indonesia itu tercatat tidak ada dalam rangking dunia tetapi mampu membuat kejutan dengan menembus babak final Asia Cup 2022. Prestasi yang tidak mudah diraih," kata Pelatih Kepala Timnas Hoki Indonesia, Dhaarma Raj yang dihubungi Sabtu (13/8/2022).

"PP FHI mengapresiasi perjuangan keras anak-anak dan pelatih atas prestasi yang telah dicapai. Kini, Timnas Hoki Indoor Putri Indonesia telah mencatat prestasi membanggakan dimana pertama kali dalam sejarah mampu menembus final di Asia Cup sejak hoki berdiri," timpal Sekjen Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI), Yasser Arafat Suaidy yang dihubungi Sabtu (13/8/2022).

Perjalanan Rahma Dwi Aulia dan kawan-kawan untuk melangkah ke semifinal lewat perjuangan keras. Pada babak penyisihan Grup A, Timnas Hoki Indoor Putri yang dimanajeri H Syahrir meraih 3 kemenangan dan 1 hasil imbang. Mengalahkan Iran dengan skor 3-1, bermain imbang dengan peringkat ke-11 dunia, Kazakhstan 2-2, menang telak atas Pakistan 16-0 dan mengalahkan Chinese Taipei 5-3.

Di babak final yang akan dimainkan Senin, 15 Agustus 2022, Timnas Hoki Indoor Putri Indonesia akan menghadapi tuan rumah Thailand yang merupakan runner up Grup B mengalahkan juara Grup A, Kazakhstan dengan skor 6-0 di laga semifinal.

"Saya rasa keberhasilan mengalahkan Malaysia itu akan menambah memotivasi anak-anak untuk bisa memberikan penampilan lebih baik lagi sekaligus meraih gelar juara Asia Cup 2022," kata Dhaarma Raj, panggilan akrabnya.
"Ya, kita berharap anak-anak bisa mempersembahkan kado istimewa buat Kemerdekaan RI ke-77," tambah Yasser Arafat yang juga pimpinan Timnas Hoki Indoor Indonesia.

Sekadar diketahui, Timnas Hoki Indoor Putri Indonesia tidak masuk dalam peringkat dunia karena PP FHI baru menjadi anggota Federasi Hoki Internasional (IHF) pada tahun 2021. Dan, ini pertama kali Timnas Hoki Indoor Indonesia tampil di Asia Cup.



Simak Video "Timnas Indonesia Sukses Sungkurkan Curacao (Lagi)"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT