ADVERTISEMENT

Bank Jatim Vs Petrokimia Jadi Partai Pembuka Livoli Divisi Utama 2022

Mercy Raya - Sport
Kamis, 08 Sep 2022 19:32 WIB
MANILA, PHILIPPINES - AUGUST 14:  Yurie Nabeya #11 of Japan spikes during the 19th Asian Senior Womens Volleyball Championship 2017 Classification match between Japan and Thailand at Alonte Sports Arena, Binan Laguna on August 14, 2017 in Manila, Philippines.  (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images)
Foto ilustrasi bola voli: Robertus Pudyanto/Getty Images
Jakarta -

Livoli Divisi Utama 2022 akan berlangsung 11 Oktober mendatang. Juara edisi sebelumnya, Bank Jatim dan Petrokimia Gresik, akan mengawali kompetisi tersebut.

Seperti diketahui, Livoli Divisi Utama tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan event sebelumnya. Livoli Divisi Utama terakhir kali diselenggarakan di Tangerang pada 2019. Setelah itu, dua edisi berikutnya tak dipertandingkan karena pandemi COVID-19 yang terjadi di Tanah Air.

Kini, kompetisi Livoli kembali bergulir lagi tahun ini dan diselenggarakan di dua kota. Selain digelar di Banyuwangi, juga berlangsung di Solo. Di Banyuwangi dijadwalkan akan berlangsung 11-16 Oktober 2022. Sedangkan di Solo akan berlangsung 18-23 Oktober 2022. Untuk final four hingga final dijadwalkan berjalan di GOR Kimageti, Magetan, Jawa Timur, pada 4 hingga 13 November mendatang.

Panpel sudah melakukan persiapan, salah satunya drawing pul Livoli Divisi Utama untuk babak reguler pada Kamis (8/8/2022) secara virtual. Hasilnya, Bank Jatim dan Petrokimia Gresik berada di Pul DD bersama dua tim putri lainnya yakni Vita Solo dan TNI AL.

Pertemuan yang dipimpin Wakil Ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP. PBVSI Reginald Nelwan itu juga memutuskan pembagian pul untuk Banyuwangi dan Solo.

Runner-up Livoli Divisi Utama 2019, Samator Surabaya, Pasundan, Yuso Yogyakarta, dan DPUPR Grobogan berada satu pul di Pul B di Banyuwangi.

Sementara pertandingan yang digelar di GOR Sritex Arena Solo, akan menyajikan pertandingan antara juara bertahan putra, Berlian Bank Jateng, engan Indomaret, TNI AU, dan Ganevo. Mereka tergabung di Pul A.

Di bagian putri, tim Popsivo Polwan, Kharisma, TNI AU, dan Wahana Express Grup akan berada di Pul EE.

"Juara 2019 putra dan putri langsung masuk seeded. Mereka tidak diundi. Begitu pula dengan dua tim promosi dari divisi satu. Yang diundi hanya peringkat tiga sampai enam," ujar Reginald usai memimpin pertemuan virtual.

Tim putri Bank Jatim dan Popsivo Polwan sebagai juara dan runner-up 2019, serta tim putra Berlian Bank Jateng dan Samator sebagai tim unggulan.

Peringkat satu dan dua Divisi Satu yang promosi ke Divisi Utama antara lain Wahana Express Grup dan Petrokimia di bagian putri. Sedang di bagian putra, Pasundan dan Ganevo.

"Ganevo itu menggantikan Mabes TNI yang mengundurkan diri. Tim putra Mabes TNI harusnya sebagai runner-up yang lolos, Ganevo sebagai peringkat ketiga menggantikan posisi Mabes TNI," kata pria yang karib disapa Regi ini.

Kompetisi berhadiah total uang pembinaan sebesar Rp 400 juta itu diikuti delapan tim putra dan delapan putri. Peringkat terakhir atau peringkat empat di masing-masing pul, baik putra maupun putri, di Banyuwangi ataupun Solo akan terkena degradasi ke Divisi Satu.

Sementara untuk peringkat satu dan duanya di Banyuwangi dan Solo akan langsung ke babak final four di Magetan. Setiap tim akan mendapatkan subsidi Rp 15 juta di babak reguler. Dan bagi tim yang lolos ke final four juga akan mendapat subsidi Rp 25 juta pertim. "Itu perbedaan lainnya dengan Livoli sebelumnya," kata Regi.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT