ADVERTISEMENT

Vakum 2 Tahun, Kejurnas Karate Shokaido Piala Ketua MPR Siap Digelar

Erika Dyah - Sport
Jumat, 09 Sep 2022 19:45 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung rencana penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Shotokan Kandaga Indonesia (Shokaido) Piala Ketua MPR RI.
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung rencana penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Shotokan Kandaga Indonesia (Shokaido) Piala Ketua MPR RI. Kejuaraan ini digelar oleh Pengurus Besar Perguruan Karate Shotokan Kandaga Indonesia (PB Shokaido) pada 24-25 September mendatang di Kinasih Resort Tapos, Depok.

Diketahui, PB Shokaido merupakan salah satu perguruan karate yang berada di bawah naungan Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI). Adapun Ketua Umum PB FORKI kini dijabat oleh Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto.

"Setelah tertunda dua tahun akibat pandemi COVID-19, Kejurnas Shokaido akhirnya bisa kembali diselenggarakan, yang pada kali ini akan memperebutkan Piala Ketua MPR RI. Sehingga para atlet bisa kembali berlatih dan bertanding untuk meningkatkan kemampuan mereka," ungkap Bamsoet dalam keterangan, Jumat (9/9/2022).

"Diperkirakan 700-800 karateka dari berbagai perguruan Shokaido yang tersebar di 27 provinsi di Indonesia akan ikut serta dalam Kejurnas ini. Mereka merupakan karateka terbaik di tiap provinsi, karena telah tersaring melalui Kejurda," imbuhnya.

Kelas yang dipertandingkan dalam Kejurnas Shokaido Piala Ketua MPR RI ini terbagi dalam beberapa kategori. Pada kategori pertandingan Open Tournament, terdapat kelas pra usia dini di bawah 7 tahun, usia dini 8 dan 9 tahun, pra pemula 10 dan 11 tahun, pemula 12 dan 13 tahun, kadet 14 dan 15 tahun, junior 16 dan 17 tahun, under 21 (18-20 tahun), serta senior 21 tahun ke atas. Ada pula Best of The Besar kelas Kadet - Junior dan U21 - Senior.

"Pada Kategori Pertandingan Festival, kelas yang dipertandingkan antara lain pra usia dini di bawah 7 tahun, usia dini 8 dan 9 tahun, pra pemula 10 dan 11 tahun, pemula 12 dan 13 tahun serta kadet 14 dan 15 tahun," jelas Bamsoet.

Lebih lanjut, Bamsoet mengungkap juara Kejurnas Shokaido Piala Ketua MPR RI ini nantinya akan dikirimkan sebagai wakil PB Shokaido dalam Kejuaraan Nasional PB FORKI. Sekaligus mewakili Indonesia dalam Kejuaraan Dunia Karate SKIF (Shotokan Karate-do International Federation) di Jepang pada tahun 2023.

"Pada Kejuaraan Dunia SKIF tahun 2019 di Republik Ceko, atlet Shokaido Indonesia berhasil membawa dua medali emas dan tiga medali perunggu. Prestasi tersebut diharapkan dapat ditingkatkan pada Kejuaraan Dunia SKIF di Jepang 2023, sehingga nama Indonesia semakin harum dan dikenal oleh berbagai warga dunia," pungkas Bamsoet.

Sebagai informasi, pertemuan antara Bamsoet dengan perwakilan PB Shokaido turut dihadiri oleh Sekjen PB Shokaido Asril Azhari, Ketua Shokaido DKI Jakarta Rocky Joseph Pesik, Sekretaris Shokaido DKI Jakarta Rio Pantow, Sekretaris Shokaido Bogor Winda Ayu, dan Panitia Kejuaraan Nasional Shokaido Suhendi Akbar.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT