ADVERTISEMENT

FIA WEC: Sean Gelael dan WRT #31 Menang di Fuji

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 11 Sep 2022 19:16 WIB
Sean Gelael & WRT #31 Menang di 6 Hours of Fuji
Sean Gelael dan Team WRT #31 Menang di 6 Hours of Fuji (dok.Team WRT)
Shizuoka -

Sean Gelael dan Team WRT #31 menuntaskan dahaga kemenangannya. Ini setelah Sean dkk. menaklukkan balapan 6 Hours of Fuji.

Balapan tersebut adalah putaran kelima dari FIA World Endurance Championship 2022 kelas LMP2 yang dihelat di Fuji International Speedway, Minggu (11/9/2022) pagi WIB.

WRT #31 butuh kemenangan setelah dua kali gagal meraih angka di Le Mans dan Monza. Start dari posisi keempat, Sean diberikan jatah sebagai starting driver.

Sean pun melakukan start apik ketika melewati tiga pebalap sekaligus dan menguasai posisi terdepan. Sean lantas membuka jarak tiga detik dengan pebalap JOTA #38 Roberto Gonzalez di posisi kedua.

Sean mempertahankan posisi itu hingga pit stop. Saat pit stop, Sean tidak mengganti ban meski ban belakangnya sudah terdegradasi besar. Dia pun kesulitan dan turun ke posisi kedua saat berganti kemudi dengan Robin Frinjs.

Sean Gelael & WRT #31 Menang di 6 Hours of FujiSean Gelael & WRT #31 Menang di 6 Hours of Fuji Foto: dok.Team WRT

Modal apik dari Sean ini dimaksimalkan Robin untuk menjaga jarak dengan pebalap JOTA #28 Edward Jones. Namun, Robin belum bisa menyalip karena menjaga performa ban.

Lalu, pada pit stop keduanya, kru WRT #31 lebih cepat tiga detik dari Jones sehingga Robin berada di depan Jones saat keluar ke lintasan lagi.

Robin lantas memperlebar selisih waktu dari lima detik hingga mencapai 22 detik detik saat dia bergantian dengan Dries Vanthoor.

Pebalap Belgia pengganti Rene Rast itu bertarung dengan Jonathan Aberdein dari JOTA #28 untuk posisi pertama. Gap memang berhasil dipangkas oleh Aberdein menjadi sekitar 1,5 detik sebelum pit stop

Tapi lagi-lagi kerja pit yang bagus membuat Vanthoor keluar trek lagi dengan keunggulan empat detik di depan Aberdein. Vanthoor lantas memperlebar jarak lagi mencapai lebih dari 14 detik atas Aberdein dan Da Costa.

Saat bergantian dengan Robin, WRT #31 masih tetap sulit dikejar di posisi terdepan dan dipertahankan hingga enam jam balapan berlalu. WRT #31 pun meraih kemenangan keduanya musim ini setelah di Spa, Belgia.

Mereka jadi tim pertama yang menang dua kali musim ini. Posisi kedua menjadi milik JOTA #38 disusul JOTA 28 di posisi ketiga. WRT #41 di posisi keempat dan United Autosports #23 di posisi kelima.

Di seri Fuji ini secara keseluruha, WRT #31 finis posisi kelima.

"Kami melakukan start yang bagus sampai bisa memimpin dan bertahan di posisi itu hingga finis. Kerja bagus dari tim dan juga Robin dan Dries. Kami benar-benar ingin meraih kemenangan ini setelah gagal di Le Mans dan Monza. Saya sangat senang akhirnya bisa mewujudkannya," ujar Sean Gelael dalam rilis kepada detikSport.

Seri terakhir FIA WEC adalah 8 Hours of Bahrain pada 12 November. Bisakah WRT #31 membuat keajaiban dengan menjadi juara? Saat ini WRT #31 berada di posisi keempat klasemen LMP2 dengan 78 poin, selisih 36 poin dengan JOTA #38 di puncak.

"Balapan yang menarik dan mengasyikkan. Sean melakukan start dengan sangat baik untuk kemudian membuka jarak, sementara Dries mempertahankan level performa tim. Dan saya sempat khawatir ada vibrasi di mobil, tapi setelah tahu semua aman saya bisa membawa mobil hingga finis," kata Robin.

Klasemen LMP2
1. JOTA #38 - 114 poin
2. United Autosports USA #23 - 86 poin
3. Realteam by WRT #41 - 80 poin
4. WRT #31 - 78 poin



Simak Video "Jerome Polin Minta Maaf ke Sean Gelael Soal Twitnya"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT