ADVERTISEMENT

ONE Championship Ingin Muay Thai Lebih Mendunia

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 14 Sep 2022 00:15 WIB
ONE Lumpinee merupakan ajang baru yang dibuat ONE Championship bekerjasama dengan Lumpinee Stadium, sasana Muay Thai top di Thailand.
ONE Lumpinee baru saja diluncurkan ONE Championship (dok.ONE Championship)
Bangkok -

Muay Thai jadi salah satu disiplin ilmu di ONE Championship. Oleh karenanya, ONE pun ingin lebih memperkenalkan Muay Thai ke penjuru dunia.

Hal ini dikatakan oleh CEO ONE Chatri Sityodtong usai mengumumkan kerjasama dengan Lumpinee Stadiun, salah satu arena serta kompetisi legendaris di Thailand, Senin (12/9/2022).

ONE akan coba merevolusi Muay Thai sehingga olahraga asal Negeri Gajah Putih itu bisa lebih mendunia. Lumpinee Stadium merupakan ajang adu gengsi di Thailand sekaligus kawah candradimuka untuk para atlet Muay Thai.

Hanya para atlet terbaik yang dapat berkompetisi di arena legendaris tersebut. Mereka yang pernah menyabet gelar juara dunia di Lumpinee Stadium akan diingat sebagai salah satu petarung Muay Thai terbaik dalam generasinya.

Saat ini, sudah ada banyak juara Lumpinee Stadium yang berkompetisi di ONE, seperti Nong-O Gaiyanghadao, Rodtang Jitmuangnon hingga Superbon Singha Mawwyn.

Oleh karenanya, ONE pun siap menginvestasikan 100 juta dolar AS untuk mengembangkan ekosistem Muay Thai. Nilai uang setara Rp 1,4 triiun itu akan digunakan untuk berbagai hal, seperti penyelenggaraan ajang, pemasaran, upah dan biaya medis untuk atlet, serta kebutuhan lainnya.

Chatri juga memastikan para petarung Thailand di bawah bendera ONE Championship akan menjadi atlet Muay Thai dengan bayaran tertinggi. Untuk mempromosikan Muay Thai, Chatri akan mengikutsertakannya di ajang Road to ONE.

Ini merupakan ajang pencarian bakat petarung yang dilakukan di 13 negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Afrika Selatan, Mongolia, China, Rusia, Jepang, Filipina, Australia, dan Thailand.

Lumpinee Stadium juga akan dipakai untuk 52 ajang pertarungan yang dimulai Januari 2023. Event ONE Lumpinee akan dihelat setiap Jumat malam WIB dengan menampilkan aksi keras Muay Thai, MMA, kickboxing hingga submission-grappling.

Dengan ONE punya mitra penyiaran yang tersebar di 154 negara, maka Muay Thai akan makin tenar. Terakhir, tentunya dengan menggelar ajang ONE Fight NIght 6 di Bangkok, 14 Januari 2023.

Duel yang dihelat di Impact Arena itu akan menampilkan laga antara Stamp Fairtex kontra Anissa Meksen. Menariknya, laga itu akan digelar dalam aturan hibrida MMA-Muay Thai.

Selain itu, Juara Dunia ONE Flyweight Muay Thai Rodtang Jitmuangnon dan sang legenda Nong-O Gaiyanghadao juga disebut akan tampil berlaga.

(mrp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT