ADVERTISEMENT

Indonesia Tuan Rumah 3 Kejuaraan Menembak Internasional Tahun Depan

Mercy Raya - Sport
Senin, 19 Sep 2022 20:12 WIB
Indonesia Bawa Pulang Tiga Medali di Kejuaraan Menembak Prancis lewat medali emas Sarah Tamaela, juga perak dan perunggu dari Ronny Lukito dan Vincentius Djajadiningrat.
Tim Indonesia baru saja sukses membawa pulang tiga medali dalam Kejuaraan Menembak di Prancis. Foto: Dok. PP Perbakin
Jakarta -

Keinginan PB Perbakin menjadi tuan rumah World Cup Rifle/Pistol 2023 akhirnya terwujud. Indonesia juga didaulat menggelar dua event internasional lain, yaitu Piala Asia 2023 dan Kualifikasi Olimpiade 2024.

Informasi itu dipastikan Sekretaris Jenderal PB Perbakin Henry Oka, yang menyebut Indonesia sudah terkonfirmasi untuk menjadi tuan rumah di tiga ajang menembak terbesar di Asia dan dunia tersebut.

"Kita tahun depan menjadi tuan rumah Piala Dunia Januari 2023. Lalu Maret 2023 jadi tuan rumah Piala Asia Menembak, dan yang paling puncak Februari 2024, kita menjadi tuan rumah Piala Asia untuk perebutan 16 kuota Olimpiade," kata Henry Oka kepada detikSport, Senin (19/9/2022).

Bukan tanpa alasan Indonesia dianggap layak menggelar event-event bergengsi tersebut. Henry menyebut keberhasilan PB Perbakin sebagai tuan rumah di kejuaraan menembak internasional bertajuk ISSF Grand Prix pada Februari lalu menjadi catatan tersendiri.

"Sebenarnya untuk bidding Piala Dunia ini tak gampang karena banyak negara-negara seluruh dunia yang ingin menjadi tuan rumah. Selain itu, tentu ada standar-standar yang harus dipenuhi, seperti standar venue yang harus ketat dari badan dunia," Henry menjelaskan.

"Lalu Sumber Daya Manusia (SDM) harus bersertifikat. Jadi kalau punya perangkat juri, officer, itu jadi pertimbangan, lalu kemampuan dalam melaksanakan event-event besar."

"Nah, Indonesia dipercaya karena kita sukses beberapa kali menyelenggarakan event-event dunia. Itu jadi keunggulan kita dan Februari kemarin kita melaksanakan (Grand Prix) dalam situasi pandemi dan sistem bubble yang dinilai badan dunia itu berhasil. Sebab, tidak semua negara berani menyelenggarakan dalam kondisi pada saat pandemi," ujarnya.

Jadwal Kejuaraan Menembak Internasional di Jakarta Tahun Depan

Piala Dunia 2023
27 Januari - 7 Februari 2023

Piala Asia 2023
1-10 Maret 2023

Piala Asia 2024 (Quota Olympic Paris 2024)
11-24 Februari 2024

Lihat juga Video: The Daddies Raih Runner-up Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

[Gambas:Video 20detik]




(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT