ADVERTISEMENT

Pembuktian Lewat Sambo

Kris Fathoni W - Sport
Selasa, 20 Sep 2022 14:10 WIB
BAKU, AZERBAIJAN - JUNE 22:  Tirgan Kirakosyan of Armenia (red) competes with Uladzislau Burdz of Belarus (blue) during the Bronze medal match of the Mens 57kg Sambo during day ten of the Baku 2015 European Games at Heydar Aliyev Arena on June 22, 2015 in Baku, Azerbaijan. (Photo by Ian MacNicol/Getty Images)
Ilustrasi olahraga sambo. Foto: Getty Images/Ian MacNicol
Jakarta -

Sambo sudah menjadi media pembuktian tersendiri buat Rusia, negaranya Vladimir Putin. Lewat sambo, negerinya Vladimir Putin itu menegaskan pengaruhnya di dunia olahraga.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Olahraga Rusia Oleg Matytsin, terkait dengan penyelengaraan Kejuaraan Eropa Sambo di Novi Sad, Serbia, pada 15-18 September lalu.

Tim Rusia, yang tampil di bawah bendera netral, menuntaskan gelaran tersebut di posisi pertama perolehan medali keseluruhan. Rusia meraih 51 medali, dengan 40 di antaranya medali emas.

Penampilan atlet Rusia di ajang itu terbilang langka mengingat situasi terkait sejumlah sanksi di dunia olahraga, terkait invasi militernya ke Ukraina.

Izin Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Federasi Internasional Sambo kepada tim Rusia dan Belarusia untuk ikut serta di ajang ini sendiri turut berdampak pada mundurnya kontingen Ukraina sebagai bentuk protes.

"Saya memberikan selamat kepada tim Sambo atas hasil briliannya di Kejuaraan Eropa," ucap Matytsin seperti dilansir RT.com.

"Keputusan Federasi Internasional Sambo untuk mengizinkan tim dari Rusia dan Belarusia untuk berpartisipasi di bawah bendera netral di Kejuaraan Eropa adalah sebuah kesempatan penting buat para atlet untuk tampil di ajang kompetitif, guna memperlihatkan kemampuan di sebuah turnamen setelah mempersiapkan diri sepanjang musim."

"Dan dengan hasil tersebut, mereka sudah menegaskan bahwa olahraga Rusia telah menjadi sebuah bagian penting di dalam komunitas olahraga Eropa dan dunia," tuturnya.

Sambo adalah sebuah olahraga yang lahir dan tumbuh akar semasa era Uni Soviet. Olahraga yang juga identik dengan sosok legenda UFC Khabib Nurmagomedov ini sangat populer di Rusia dan wilayah sekitarnya. Presiden Rusia Vladimir Putin pun pernah mempelajari sambo dan diketahui punya perhatian besar kepada olahraga ini.

Lihat juga Video: Rusia dan China Makin Erat Jalin Poros Baru Dunia

[Gambas:Video 20detik]



(krs/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT