Reli Danau Toba 2022: Ricardo Gelael Podium Ketiga

ADVERTISEMENT

Reli Danau Toba 2022: Ricardo Gelael Podium Ketiga

Mohammad Resha Pratama - Sport
Minggu, 25 Sep 2022 20:55 WIB
Ricardo Gelael finis ketiga di Reli Danau Toba 2022
Ricardo Gelael dari Jagonya Ayam Motorsport finis ketiga Reli Danau Toba 2022 (dok.Jagonya Ayam Motorsport)
Simalungun -

Jagonya Ayam Motorsport menempatkan satu wakilnya di podium Reli Danau Toba 2022. Pereli gaek Ricardo Gelael finis ketiga.

Ricardo yang turun di dua kelas, Asia Pasific Rally dan Kejurnas Reli, pada hari pertama, Sabtu (24/9/2022) menempati posisi kelima tercepat setelah melalui 8 special stage (ss). Catatan waktunya adalah 1 jam 27 menit 20 detik.

Pada hari kedua, Minggu (25/9), ada empat SS tersisa yang memberlakukan arah kebalikan (reverse) dari SS yang dijalankan kemarin. Ricardo yang ditemani co-driver asal Bahrain Rony Maroun tampil prima sejak dimulai SS9 di Negeri Dolok.

Setelah itu, Ricardo melahap dua SS terberat, 10-11, di Huta Tonga dan Gorbus dengan mantap. Dia mencoba menjaga catatan waktunya agar tidak berselisih banyak dengan rival-rivalnya di atas, dan menjauhi yang di bawah.

Lalu di SS12, Ricardo menuntaskan Reli Danau Toba 2022 dengan berada di posisi ketiga. Catatan waktunya adalah 2 jam 12 menit 33 detik.

Ricardo Gelael finis ketiga di Reli Danau Toba 2022Ricardo Gelael finis ketiga di Reli Danau Toba 2022 Foto: dok.Jagonya Ayam Motorsport

Ricardo berselisih delapan menit dengan pereli Bla Bla Bla Motorsport Musa Rajekshah/Hervian Soejono yang mencatatkan waktu 2 jam 4 menit 13 detik di posisi kedua.

Sementara pemenang Reli Danau Toba kali ini adalah Rifat Sungkar/Benjamin Searchy dari Mitsubishi Xpander Rally Team dengan waktu 2 jam 2 menit 24,4 detik.

Meski gagal menang, keberhasilan Ricardo naik podium ini turut mengulangi suksesnya di Kejurnas Reli di tempat yang sama tahun 2006. Saat itu pengusaha makanan cepat saji tersebut jadi juara bersama co-driver Chepot Hanny Wiano.

"Tentu saja saya senang, karena sudah lama gak balapan dalam level kompetisi tinggi seperti Reli Danau Toba ini dan ternyata masih bisa bersaing. Secara umum saya berterima kasih kepada yang telah mendukung saya, mulai dari keluarga hingga tim, tim mekanik, hingga tim Citroen Portugal yang sangat membantu dalam hal teknis mobil," ujar Ricardo dalam rilis kepada detikSport.

Selain itu, podium ketiga Ricardo Gelael ini jadi hadiah hiburan untuk Jagonya Ayam Motorsport, setelah pereli andalannya Sean Gelael tidak bisa menuntaskan perlombaan hari kedua.

Ricardo Gelael finis ketiga di Reli Danau Toba 2022Ricardo Gelael finis ketiga di Reli Danau Toba 2022 Foto: dok.Jagonya Ayam Motorsport

Mobil Citroen C3 Rally milik Sean dan co-driver Hugo Magalhaes mengalami masalah pada water pump selepas SS9. Alhasil, Sean harus balik ke garasi tim lebih cepat. Ini meneruskan nasib sial Sean kemarin saat terkena penalti 8 menit, karena terlalu cepat kembali ke Time Control 8B.

Padahal Sean saat itu dominan karena menuntaskan delapan SS pertama dengan keunggulan hampir tiga menit di posisi teratas. Sean akhirnya menuntaskan reli ini di posisi ke-10 dengan waktu 2 jam 23 menit 47,5 detik.

Seri ketiga Kejurnas Reli ini akan dilanjutkan di Muara Bungo, Jambi, bulan depan.

Hasil Reli Danau Toba 2022

1. Rifat Sungkar/Benjamin Searchy (Mitsubishi Xpander Rally Team) 2:02:24.4
2. Musa Rajekshah/Hervian Soejono (Bla Bla Bla Motorsport) 2:04:13.0
3. Ricardo Gelael/Rony Maroun (Jagonya Ayam Motorsport) 2:12:33.0
4. Bimo Pradikto/Herkusuma (Banteng Motorsport) 2:12:35,9
5. H.Atuy Faturahman/Achmad Faisal (Dorisfa Motorsport) 2:13:19,1

(mrp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT