Kejurnas Angkat Besi Remaja dan Junior Dihelat di Jogja

ADVERTISEMENT

Kejurnas Angkat Besi Remaja dan Junior Dihelat di Jogja

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 28 Sep 2022 02:40 WIB
Kejurnas Angkat Besi Remaja dan Junior Dihelat di GOR Klebengan, Sleman, Yogyakarta mulai 27 September
Yogyakarta gelar Kejurnas Angkat Besi Remaja dan Junior 2022 (dok.PB PABSI)
Sleman -

Pembinaan atlet angkat besi sejak dini terus digulirkan. Salah satunya lewat Kejurnas Angkat Besi Pupuk Indonesia Remaja dan Junior 2022 di Yogyakarta.

Kejurnas tersebut diikuti 178 atlet dari 21 provinsi dan dihelat mulai Selasa (27/92022) di GOR Klebengan, Sleman, DI Yogyakarta. Kejurnas diikuti 79 lifter putra dan 57 putri dari 14 kelas kategori remaja serta 14 kelas dari Kategori junior.

Para peserta Kejurnas merupakan atlet yang lolos dari persyaratan MATP (Minimal Angkatan Total Pertama) di masing-masing kelas yang dipertandingkan.

Pembukaan secara resmi dihadiri oleh Direktur Produksi PT. Pupuk Indonesia (Persero) Bob Indiarto, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, Sekjen PABSI Djoko Pramono, Ketum KONI Yogyakarta Djoko Pekik Irianto, dan Ketua Asosiasi Olimpian Indonesia yang juga waketum V KONI Pusat Yayuk Basuki.

"Sebagai perusahaan BUMN kami mempunyai tanggung jawab untuk mendukung pembinaan prestasi cabang olahraga khususnya angkat besi. Karena prestasi atlet angkat besi telah mendunia dan setiap ada event international prestasinya terus meningkat," ujar Bob dalam rilis kepada detikSport.

Bob juga berharap nantinya bakal muncul atlet-atlet masa depan Indonesia dari kejuaraan ini. Dia mendoakan kesuksesan untuk tim angkat besi di Olimpiade 2024.

"Semoga lagu Indonesia Raya dapat berkumandang di Olimpiade Paris."

Sementara itu, PABSI berterima kasih atas dukungan PT Pupuk untuk kejurnas ini yang memang jadi cara federasi mencari bibit penerus Eko Yuli Irawan dkk. Oleh karenanya, dia pun menargetkan ada tujuh atlet bisa berlaga di Olimpiade Paris dua tahun lagiu.

"Mengucapkan banyak terima kasih kepada PT. Pupuk Indonesia yang mendukung pelaksanaan Kejurnas Angkat Besi Youth dan Junior Tahun 2022," papar Djoko.

"Ini pertama kali Angkat Besi mendapatkan perusahaan yang mendukung. Pada Olimpiade Paris 2024 nanti, kita lihat Angkat Besi akan mempersembahkan emasDengan dukungan yang diberikan berbagai pihak, Insya Allah atlet-atlet kita akan membuat kita bangga ketika tampil pada Olimpiade nanti."

Peran Kejurnas kali ini pun dianggap strategis oleh KONI, sehingga Marciano menyambut baik dukungan dari perusahaan BUMN dalam pembinaan atlet.

"Kejurnas Angkat Besi Remaja dan Junior ini adalah kejuaraan yang akan mengantar atlet-atlet kita, mereka para peserta adalah atlet-atlet yang akan menggantikan atlet-atlet yang sudah senior," papar Marciano.

Sementara, atlet putri asal Aceh berusia 17 tahun Sari Maduma berharap dia atau koleganya bisa melejit di kancah internasional, setelah tampil di kejurnas ini.

"Semoga Kejurnas ini melahirkan atlet-atlet muda yang handal dan mampu membuat bangga daerah dan juga Indonesia," kata Sari.

Lihat Video: Guru-Siswa SMAN di Pacitan Sujud Syukur Rayakan Luluk Juara Dunia

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT