ADVERTISEMENT

Sejarah! Rio Waida Jadi Atlet Pertama RI Lolos Championship Tour 2023

Mercy Raya - Sport
Rabu, 05 Okt 2022 17:12 WIB
World Surf League (WSL) digelar di Banyuwangi. Peselancar Indonesia, Rio Waida mengalahkan peringkat satu dunia, Felipe Toledo.
Rio Waida. Foto: Ardian Fanani/detikJatim
Jakarta -

Peselancar Indonesia Rio Waida senang banget dapat mencetak sejarah bagi Merah-Putih. Ia memastikan tiket tampil di Championship Tour 2023.

Tiket itu ia dapatkan setelah berhasil melaju ke babak 24 besar EDP Vissla Pro Ericeira di Portugal, pada Selasa (4/10/2022).

"Dengan melaju ke babak 24 di EDP Vissla Pro Ericeira dan mendominasi 22 Challenger Series, Rio Waida secara resmi lolos ke Championship Tour 2023," bunyi pernyataan World Surf League dalam laman resminya.

"Kelolosan ini juga menandai Rio sebagai surfing pertama dari Indonesia yang lolos ke Championship Tour. Selamat Rio."

Sebelumnya, Rio Waida yang main di putaran 48, berhasil mengemas skor 11.33. Ia menjadi yang pertama usai bertanding di heat ketujuh dan memastikan lolos ke babak 24.

Rio yang tidak percaya dengan hasil yang dia peroleh sempat tak menyangka. Dia bahkan menanyakan ulang kepada WSL yang meminta komentar terkait kelolosannya.

Momen itu diabadikan Rio dalam akun media sosial Instagramnya dalam sebuah video.

"Saya hanya fokus untuk lomba di babak selanjutnya. Apakah ini resmi saya lolos?" tanya Rio.

"Kamu tahu, saya sangat senang. Kita tidak pernah mendapatkan tiket, maksud saya pesecalancar Indonesia tidak pernah lolos kualifikasi Champonship Tour, tapi saya mencatatkan sejarah itu," lanjutnya.

"Ya, saya tidak tahu tapi saya sangat senang. Saya membayangkan ini setiap hari. Saat sebelum tidur, bahkan tiap bangun tidur, saya memikirkan untuk dapat lolos, dan akhirnya itu terwujud."

Rio Waida memang senang bisa memastikan kelolosannya, tapi ia tak ingin jemawa. Terlebih masih ada pertandingan lainnya yang harus dilakukan pada turnamen kali ini.

"Sekarang saya lolos dan saya harus berpikir untuk mempersiapkan diri menuju tur tahun depan. Tapi saya juga harus tetap fokus untuk menyiapkan diri pada pertandingan selanjutnya di turnamen ini," tuturnya.

Sebagai informasi, pada babak 24 EDP Vissla Pro Ericeira, yang akan berlangsung hingga 9 Oktober di Portugal ini, Rio akan menghadapi lawan dari Australia Liam O'Brien dari Australia dan Crosby Colapinto (Amerika Serikat). Ketiganya akan tampil di heat kelima.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT