Lifter Muda Siti Zahra Rebut Tiga Emas di Kejuaraan Angkat Besi Thailand

ADVERTISEMENT

Lifter Muda Siti Zahra Rebut Tiga Emas di Kejuaraan Angkat Besi Thailand

Mercy Raya - Sport
Kamis, 13 Okt 2022 11:41 WIB
Siti Zahra
Siti Zahra, lifter muda Indoensia yang juara di Thailand. (Foto: dok.Pabsi)
Jakarta -

Selain Kejuaraan Asia, PB PABSI juga mengirimkan atletnya ke kejuaraan di Thailand. Ialah Siti Zahra satu-satunya wakil Indonesia mampu mengukir tinta emas.

Siti menjadi yang terbaik di Tournament IWF Championchips Piala Raja EGAT King's Cup kategori Junior, 10-15 Oktober 2012 di Ubon Ratchathani Thailand.

Tiga Medali emas sekaligus direbut lifter berusia 18 tahun itu. Ia membukukan angkatan snatch 76 kg, dan clean and jerk 100 kg.

Siti sempat mencoba mengangkat 105 kg, namun gagal dalam usaha melakukan jerk. Dengan demikian total angkatan terbaiknya yaitu 176 kg.

Adapun medali perak direbut wakil tuan rumah Narumon WongHachak. Atlet berusia 16 tahun itu mencatatkan angkatan snatch terbaiknya 71 kg dan 88 kg untuk angkatan clran and jerk, dan total angkatan 159 kg.

Sementara medali perunggu direbut Pornchada Niyon berusia 20 tahun. Ia membukukan angkaran total 154 kg. Rinciannya, 68 kg angkatan snatch dan 86 kg angkatan clean and jerk.

Kepala bidang Pembinaan Prestasi PB PABSI Hadi Wihardja, yang mendampingi Siti langsung di Negeri Gajah Putih turut bangga dengan pencapaian Siti.

Bagaimana pun, Siti merupakan pelapis nasional yang diharapkan bisa terus mengalami peningkatan di setiap eventnya.

"Salah satu pelapis nasional kelas 55 kg, karena masih junior 18 tahun. Ada 2 kelas 55 kg yang tahun depan sudah senior (usia) lehih dari 20 tahun," kata Hadi kepada detikSport, Kamis (13/10/2022).

"Ya, tentu ke depan insya allah persiapan menuju SEA Games 2023 Kamboja dan Kejuaraan Dunia Junior. Ini bagus karena semakin banyak pelapis maka persaingan nasional semakin baik," tuturnya.

Siti sendiri mengaku gembira. Tapi belum sepenuhnya puas karena masih banyak event-event besar di depan mata yang harus mampu ditaklukkannya.

"Saya berterima kasih kepada PB PABSI, Ketua PABSI DKI Jaya, Ibu Emmy Noerhayati yang telah mendukung saya. Saya berjanji untuk lebih meningkatkan lagi prestasi ke depannya," kata Siti yang merupakan atlet DKI.

Di kelas 55 kg putri sendiri diikuti 25 lifter dan Siti berhasil menjadi yang terbaik. Sementara kejuaraan ini diikuti oleh 289 lifter, dengan rincian 150 putra dan 139 Putri.



Simak Video "Ziyech Sudah Latihan Lagi Usai Gagal Hijrah ke PSG"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT