Rahmat Erwin Abdullah Rebut Emas, Perak, dan Perunggu Kejuaraan Asia 2022

ADVERTISEMENT

Rahmat Erwin Abdullah Rebut Emas, Perak, dan Perunggu Kejuaraan Asia 2022

Mercy Raya - Sport
Kamis, 13 Okt 2022 13:10 WIB
Rahmat Erwin Abdullah
Foto: AWFederation
Jakarta -

Rahmat Erwin Abdullah kembali mengukir prestasi di Kejuaraan Asia Angkat Besi 2022. Ia merebut satu medali emas, perak, dan perunggu.

Ukiran emas itu dipersembahkan Erwin lewat angkatan clean and jerk di kelas 81 kg putra yang berlangsung di Manama, Bahrain, Rabu (12/10/2022) waktu setempat.

Peraih medali perunggu Olinpiade Tokyo 2020 itu membuka angkatan pertamanya seberat 181 kg dan berhasil. Ia kemudian menambah berat 10 kg pada percobaan keduanya. Erwin pun lagi-lagi sukses mengatasi angkatan 191 kg itu.

Angkatan Erwin sempat dilampaui lifter Uzbekistan Mukhammadkodir Toshtemirov yang juga sukses mengangkat beban seberat 192 kg pada percobaan keduanya.

Namun, Rahmat Erwin Abdullah kembali membalaskan dengan mengangkat berat 198 kg pada percobaan terakhir, yang juga menjadi angkatan terbaiknya pada clean and jerk.

Toshtemirov sempat ingin kembali menyaingi dengan angkatan 199 kg. Tapi upaya itu gagal. Toshtemirov harus puas dengan angkatan terbaik 192 kg dan meraih medali perak.

Sedangkan Erwin mengantongi medali emas. Medali perunggu direbut wakil Uzbekistan lainnya, Ogabek Tukhtaev, yang membukukan angkatan terbaik 189 kg.

Selain medali emas, Rahmat Erwin Abdullah juga merebut medali perak dari total angkatan dan perunggu dari angkatan snatch. Masing-masing catatan terbaiknya 349 kg dan 151 kg.

Sementara peraih medali emas untuk total angkatan dan snatch direbut lifter China, Delin Lu. Ia mencetak angkatan seberat 353 kg dan snatch seberat 165 kg. Medali perak snatch diraih Toshtemirov yang membukukan angkatan terbaik kedua 154 kg.

Sedangkan pada angkatan clean and jerk, Delin Lu hanya mampu berada di peringkat keempat.

(mcy/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT