Yasin Kantongi Tiga Perak di Kejuaraan Asia Angkat Besi 2022

ADVERTISEMENT

Yasin Kantongi Tiga Perak di Kejuaraan Asia Angkat Besi 2022

Mercy Raya - Sport
Selasa, 11 Okt 2022 13:10 WIB
Mohammad Yasin meraih tiga perunggu di Kejuaraan AsiaAngkat Besi 2022.
Mohammad Yasin meraih tiga perunggu di Kejuaraan Asia Angkat Besi 2022. (Foto: dok.PABSI)
Jakarta -

Indonesia kembali mendapat tambahan medali di Kejuaraan Asia Angkat Besi 2022. Kali ini dari lifter Mohammad Yasin yang sukses mengantongi tiga kepingan perak.

Kepastian medali itu diperoleh Yasin setelah tampil di kelas 67 kg putra, di Manama, Bahrain, Senin (10/10) waktu setempat. Ia harus puas menempati posisi kedua setelah bersaing ketat dari lawannya asal Uzbekistan, Adkhamjon Ergashev.

Ergashev mendominasi pada angkatan snatch 138 kg, kendati sempat gagal pada percobaan keduanya.

Ia lebih dulu membuka angkatan 134 kg, kemudian 138 kg pada percobaan kedua yang dinyatakan gagal. Namun, akhirnya pada percobaan ketiga ia berhasil dengan jumlah angkatan yang sama.

Sedangkan pada angkatan clean and jerk, Ergashev mulus dalam tiga kali percobaan. Percobaan pertama, dia mengangkat 169 kg, kemudian menambahkan 4 kg pada percobaan kedua (173 kg), dan 176 kg pada percobaan terakhir dan sukses. Dengan demikian, Ergashev mengumpulkan total angkatan 314 kg.

Sementara Yasin yang berusaha mengamankan posisi kedua juga turut sukses. Ia hanya gagal dalam percobaan kedua untuk angkatan snatch dan percobaan ketiga pada angkatan clean and jerk.

Yasin berhasil mengangkat angkatan snatch terbaik 137 kg, 166 kg untuk angkatan clean and jerk, dan total angkatannya menjadi yang terbaik kedua 303 kg. Ia pun berhak atas tiga medali perak.

Sedangkan tiga perunggu direbut lifter Thailand Anucha Doungsri. Ia finis dengan total angkatan terbaik 301 kg. Rinciannya, 136 kg untuk angkatan snatch dan 165 kg untuk clean and jerk.

Anucha sejatinya sudah berupaya merebut posisi kedua usai Yasin gagal mengangkat 171 kg pada percobaan ketiga clean and jerk.

Tapi Anucha juga gagal di dua percobaan terakhir angkatan clean and jerk. Ia tidak mampu mengangkat 168 kg dan 170 kg. Dengan demikian Anucha harus puas atas posisi ketiga dan memeroleh tiga kepingan perunggu Kejuaraan Asia Angkat Besi 2022.

(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT