Jakarta Marathon 2022: Odekta Naibaho Jadi yang Tercepat di Half Marathon

ADVERTISEMENT

Jakarta Marathon 2022: Odekta Naibaho Jadi yang Tercepat di Half Marathon

Mercy Raya - Sport
Minggu, 16 Okt 2022 21:40 WIB
Atlet Indonesia Odekta Elvina Naibaho menjadi yang tercepat di lomba lari Jakarta Marathon 2022. Dia finis di urutan pertama kategori half marathon.
Jakarta Marathon 2022: Odekta Naibaho Jadi yang Tercepat di Half Marathon (Foto: istimewa)
Jakarta -

Atlet Indonesia Odekta Elvina Naibaho menjadi yang tercepat di lomba lari Jakarta Marathon 2022. Dia finis di urutan pertama kategori half marathon.

Jakarta Marathon diselenggarakan di depan area Gelora Bung Karno, dan dimulai pukul 06.00 WIB. Odekta menjadi salah satu peserta dan menyentuh finis paling pertama dengan catatan waktu 1 jam 17 menit atau tiba pukul 07.17 WIB.

Atlet asal Kabupaten Dairi ini pun senang karena dapat menambah catatan prestasinya dalam nomor marathon.

"Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa. Prestasi ini saya persembahkan untuk pelatih dan keluarga, lalu kepada Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Profesor Doktor Budi Gunawan yang telah membina kami," kata Odekta dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/10/2022).

"Kami persembahkan medali ini untuk bapak. Lalu untuk Deputi ll BIN, Bapak Edmil Nurjamil yang telah memberikan dukungannya yang luar biasa untuk kami. Itu menjadi energi yang sangat positif untuk saya," dia menambahkan.

Atlet Indonesia Odekta Elvina Naibaho menjadi yang tercepat di lomba lari Jakarta Marathon 2022. Dia finis di urutan pertama kategori half marathon.Atlet Indonesia Odekta Elvina Naibaho menjadi yang tercepat di lomba lari Jakarta Marathon 2022. Dia finis di urutan pertama kategori half marathon. (Foto: Istimewa)

Odekta juga mengapresiasi diadakannya kembali Jakarta Marathon setelah dua tahun lamanya vakum imbas merebaknya pandemi COVID-19. Menurutnya, Jakarta Marathon sangat cocok dijadikan wadah bagi masyarakat yang ingin menyalurkan minat dan ketertarikannya pada olahraga maraton.

Peraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam ini mengaku tak pernah melewatkan setiap ajang Jakarta Marathon yang digelar, termasuk keikutsertaannya pada Jakarta Marathon ke-9 ini.

Sehubungan itu, Odekta pun memberikan beberapa masukan pada event yang diikuti belasan ribu peserta ini. Menurutnya, ada beberapa permasalahan teknis yang harus diperbaiki untuk meningkatkan kenyamanan bagi para peserta saat berkompetisi.

"Masih ada beberapa kendala, salah satunya tidak ada plang petunjuk kilometer, lalu sering terjadi crowded yang membuat kita kesulitan kalau mengambil minum. Saya harapkan hal-hal itu bisa dievaluasi ke depannya. Supaya generasi-generasi muda bisa termotivasi untuk ikut olahraga lari di Jakarta ini," katanya.

Odekta juga mengapresiasi anstusiasme peserta lari yang luar biasa di Jakarta Marathon kali, terutama kaum muda. Akan tetapi, ia juga berpesan agar para peserta tak hanya sekadar berlomba saling cepat, tapi juga harus memperhatikan aspek lain demi keselamatan diri.

Terlebih bagi yang ingin menggeluti olahraga ini secara serius. Mulai dari manajemen waktu istirahat, pemanasan sebelum dan sesudah pertandingan, hingga manajemen minum saat tengah berlari.

Terhadap dirinya, lomba lari maraton ini menjadi bekalnya untuk. menghadapi lomba-lomba lari internasional. "Untuk jangka pendek saya akan berlomba dan mempersiapkan diri di SEA Games tahun depan di Kamboja, Mei mendatang," kata Odekta.

"Lalu jangka panjangnya saya menargetkan diri masuk di tim Asian Games. Mudah-mudahan target itu bisa tercapai. Ini menjadi try out saya," dia mengharapkan.



Simak Video "Ten Hag Ketar-ketir Cari Pengganti Sepadan Eriksen"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/pur)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT