Usai Jakarta Marathon 2022, Odekta Naibaho Bidik Juara di SEA Games 2023

ADVERTISEMENT

Usai Jakarta Marathon 2022, Odekta Naibaho Bidik Juara di SEA Games 2023

Randy Prasatya - Sport
Minggu, 16 Okt 2022 23:40 WIB
Atlet Indonesia Odekta Elvina Naibaho menjadi yang tercepat di lomba lari Jakarta Marathon 2022. Dia finis di urutan pertama kategori half marathon.
Odekta Elvina Naibaho. (Foto: Jakarta Marathon)
Jakarta -

Odekta Elvina Naibaho berhasil meraih hasil manis di Jakarta Marathon 2022. Setelah hasil ini, dia ingin bidik sukses di SEA Games Kamboja dan Asian Games.

Odekta Elvina Naibaho adalah peraih medali emas pada pertandingan Sea Games Vietnam cabang olahraga lari maraton. Di Jakarta Marathon 2022 pada Minggu (16/10/2022), Odekta yang merupakan anggota D2 Badan Intelijen Negara (BIN) berhasil menyabet juara pertama dalam kategori half marathon (21 kilometer).

Memulai start pada pukul 06.00 WIB di depan area Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Odekta menjadi yang tercepat untuk menyentuh garis finish pada waktu 07.17 WIB. Olahragawan asal Kabupaten Dairi tersebut pun berhasil menambah daftar panjang kemenangannya pada olahraga maraton.

"Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, prestasi ini saya persembahkan untuk pelatih dan keluarga, lalu kepada Kepala BIN, Profesor Doktor Budi Gunawan yang telah membina kita. Kami persembahkan medali ini untuk bapak. Lalu untuk Deputi ll BIN, Bapak Edmil Nurjamil yang telah memberikan dukungannya yang luar biasa untuk kami. Itu menjadi energi yang sangat positif untuk saya," ujar Odekta usai mengikuti lomba.

Dia juga mengaku tidak pernah melewatkan setiap Jakarta Marathon diadakan. Keikutsertaannya pada Jakarta Marathon ke-9 ini, dijadikannya modal latihan untuk sejumlah agenda pentas olahraga yang akan diikutinya. Salah satunya yakni Sea Games di Kamboja pada 2023 mendatang.

"Untuk jangka pendek saya akan berlomba dan mempersiapkan diri di Sea Games tahun depan di Kamboja, di bulan Mei. Lalu jangka panjangnya saya menargetkan diri masuk di tim Asian Games. Mudah-mudahan target itu bisa tercapai. Ini menjadi try out saya," ungkapnya.

Meski begitu, Odekta tetap memberikan beberapa masukan pada event yang diikuti belasan ribu peserta ini. Menurutnya, ada beberapa permasalahan teknis yang harus diperbaiki untuk meningkatkan kenyamanan bagi para peserta saat berkompetisi.

Salah satu pembina Odekta di BIN, Arifin Abdullah mengatakan, dirinya sangat bangga dengan raihan Odekta yang menjadi juara pertama dalam kategori half marathon di Jakarta Marathon 2022. Menurutnya, hasil tersebut menunjukkan hasil kerja keras dari latihan Odekta yang merupakan pelari nasional.

"Kami sangat-sangat bahagia dengan prestasi Odekta. Dengan waktu dan kecepatannya, dia bisa sampai di waktu 1 (jam), 17 (menit). Ini adalah dedikasi dia sebagai pelari nasional. Ini bisa mengukur dari apa yang dia lakukan. Dia juga ada pelatih untuk mensuport kesiapan dia untuk menghadapi turnamen-turnamen yang akan dia hadapi ke depan," ucap Arifin.

Arifin juga berharap Odekta bisa terus meningkatkan kemampuannya, untuk mempermudah dirinya mencapai target mendapat emas pada Sea Games di Kamboja pada 2023 mendatang.

"Saya sebagai salah satu pembinanya di BIN, memberikannya program untuk memantau perkembangannya. Kita jalin komunikasi yang baik dengan pelatih pribadinya, kita selalu komunikasi bagaimana kondisinya (Odekta). Kita targetnya dia bisa meraih medali emas pada Sea Games Kamboja," tuturnya.

Untuk diketahui, selama menggeluti olahraga lari, Odekta berulang kali menjuarai dan mendapatkan medali emas di beberapa ajang bergengsi baik tingkat Nasional maupun Internasional. SEA Games 2021 (2022) menjadi salah satu yang paling sensasional. Odekta berhasil berdiri di podium tertinggi maraton putri setelah menyelesaikan perlombaan sejauh 42 kilometer dalam waktu 2 jam 25 menit 8 detik.



Simak Video "Ini Besaran Bonus yang Didapat Atlet Peraih Medali SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT