13 Tim Putra dan Putri Ramaikan Proliga 2023

ADVERTISEMENT

13 Tim Putra dan Putri Ramaikan Proliga 2023

Mercy Raya - Sport
Rabu, 19 Okt 2022 20:30 WIB
Logo Proliga
Proliga 2023 diikuiti 13 tim putra dan putri. (Foto: dok.Internet)
Jakarta -

Sebanyak tujuh tim putra dan enam tim putri dipastikan mengikuti kompetisi bola voli Proliga 2023. Jakarta Bhayangkara dan Jakarta BIN 02C jadi peserta baru.

Demikian perkembangan terbaru terkait kesiapan Proliga 2023 yang disampaikan Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty, usai melakukan pertemuan virtual bersama para klub peserta, pada Rabu (19/10/2022).

Disebutkan bahwa ada 13 klub yang dipastikan tampil di kompetisi bola voli nasional tersebut antara lain Lavani Bogor, Surabaya BIN Samator, Jakarta BNI 46, Jakarta Pertamina Pertamax, Palembang Bank SumselBabel, Kudus Sukun Badak, dan pendatang baru, Jakarta Bhayangkara dari kategori putra.

Sementara enam tim putri yaitu Bandung Bank bJb Tandamata, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta Popsivo Pokwan, Jakarta Pertamina Fastron, Jakarta Elektrik PLN, serta peserta baru, Jakarta BIN O2C.

Nantinya, kata Hanny, seluruh peserta Proliga diwajibkan menyerahkan daftar pemain pada 7 Desember 2022. Selain itu, semua tim tetap diwajibkan menggunakan minimal satu pemain asing dan maksimal dua pemain.

"Semua pemain asing wajib mengurus ITC (Internasional Transfer Certificate) yang dikeluarkan FIVB dan KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara). Sedang pelatih asing hanya mengurus KITAS," kata Hanny dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikSport.

Adapun lokasi penyelenggaraan yang berlangsung 5 Januari sampai 19 Maret 2023 akan bergulir di delapan kota yakni Bandung, Purwokerto, Palembang, Gresik, Malang, Yogyakarta, Semarang, dan Solo.

Bandung Bank bjb Tandamata, sebagai juara pada Proliga 2022, akan menjadi tuan rumah pembukaan yang rencana dilaksanakan di GOR Sabilulungan, Jalakharupat, Bandung pada 5-8 Januari 2023.

Kemudian Purwokerto, Palembang, Gresik, Malang, Yogyakarta untuk babak reguler putaran satu dan dua.

Sedangkan untuk babak empat besar putaran satu dan dua, serta grand final akan dihelat di Gresik, Semarang, dan Solo. Sedangkan grand final di GOR Among Rogo, Yogyakarta, 18 dan 19 Maret 2023.

Dijelaskan Hanny, pada Proliga tahun depan sudah diperbolehkan dihadiri para penonton. "Akan tetapi, kami tetap mengikuti aturan dari Pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker," ujarnya.

(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT