Menpora Senang BIN Ikut Urus Olahraga Indonesia

ADVERTISEMENT

Menpora Senang BIN Ikut Urus Olahraga Indonesia

Mohammad Resha Pratama - Sport
Sabtu, 29 Okt 2022 03:10 WIB
Menpora Zainudin Amali senang BIN kini ikut membina olahraga Indonesia lewat PORBIN.
Menpora Zainudin Amali mengapresiasi PORBIN (dok.Kemenpora)
Bogor -

Badan Intelijen Nasional (BIN) tak cuma jadi mata-mata negara, tapi juga punya tugas mengembangkan prestasi olahraga nasional. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali senang melihatnya.

Untuk menjalani perannya di bidan olahraga, BIN meluncurkan lembaga baru bernama Persatuan Olahraga BIN atau PORBIN. Lembaga yang digagas oleh Kepala BIN Jend Pol (Purn) Budi Gunawan ini terdiri dari delapan cabang olahraga, yang memiliki atlet-atlet berprestasi.

Kedelapan cabor itu adalah atletik, angkat berat, bola voli, renang, tenis, menembak, tarung derajat dan Esports, dengan total atlet 81 orang.

Launching PORBIN digelar dalam rangkaian acara Wisuda Angkatan XV, Pasca Sarjana MKI Angkatan VII, MTIM Angkatan 1, dan Dies Natalies XIX Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) di Kampus Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/10/2022).

Menpora Zainudin Amali senang BIN kini ikut membina olahraga Indonesia lewat PORBIN.Menpora Zainudin Amali senang BIN kini ikut membina olahraga Indonesia lewat PORBIN. Foto: dok.Kemenpora

Turut hadir dalam acara itu adalah Menpora Amali beserta sejumlah pejabat tinggi negara. Amali pun mengapresiasi langkah BIN untuk membentuk PORBIN.

"Saya sebagai Menpora RI sekali lagi berterima kasih dan mengapresiasi upaya yang luar biasa dari Kepala BIN Bapak Budi Gunawan yang membuat BIN semakin berkembang dan mempunyai pandangan ke depan," kata Amali dalam rilis kepada detikSport.

PORBIN merupakan program baru yang mengakomodir taruna dan mahasiswa dalam mencapai prestasi olahraga di tingkat nasional dan internasional.

Beberapa atlet binaan BIN adalah pelari Odekta Elvina Naibaho yang dua pekan lalu menjuarai Half Marathon di ajang Jakarta Marathon 2022 dan peraih emas SEA Games 2022.

Selain itu ada juga sprinter Lalu Muhammad Zohri. Dari cabor voli ada Nur Fikri Harsyah Muhamad, Ratri Wulandari, serta Alya Annastasya. Bahkan tim voli putri binaan BIN baru saja menjuarai Livoli 2022 dan promosi ke Proliga.

Ada juga dua atlet angkat besi Rizki Juniansyah dan Windy Cantika Aisah yang dibina BIN.

Saya kira saya merasa terbantu dengan peran dari BIN, bukan hanya memberikan kesempatan kepada para atlet, tetapi menjamin masa depan mereka juga."

"Dengan demikian itu atlet akan tetap fokus dan tetap berkonsentrasi untuk meraih prestasinya yang masih mungkin tercapai. Dan tidak terganggu dengan pikiran-pikiran masa depannya karena BIN telah memberikan jaminan untuk masa depan mereka."

Selain atlet-atlet nasional itu, nantinya peserta didik di STIN juga diharapkan bisa punya prestasi di olahraga nasional maupun internasional untuk mengharumkan nama bangsa.

"Harapan saya kepada para atlet yang menjadi taruna-taruni di STIN ini, supaya berprestasi maksimal, baik di akademik maupun di prestasi olahraga yang selama ini sudah menjadi tempat mereka untuk menunjukkan dirinya pantas menjadi kebanggaan bangsa Indonesia," demikian Zainudin Amali.

Simak Video 'BIN Merambah ke Olahraga, Luncurkan PORBIN untuk Bina Atlet Prestasi':

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT