Indonesia Raih 2 Perak & 1 Perunggu Kejuaraan Dunia Karate di Turki

ADVERTISEMENT

Indonesia Raih 2 Perak & 1 Perunggu Kejuaraan Dunia Karate di Turki

Muhammad Robbani - Sport
Senin, 31 Okt 2022 14:08 WIB
Kejuaraan Dunia Karate
Foto: PB FORKI
Jakarta -

Tim karate Indonesia membawa pulang dua medali perak dan satu perunggu dari World Junior Cadet and U-21 Karate Championship 2022 di Konya, Turki.

Kejuaraan dunia ini diikuti 1850 peserta dari 105 negara di dunia. Tim Indonesia dipimpin Harmen Saputra sebagai manager dan Abdullah Kadir wakil manager, dengan didampingi Pelatih Yuni Adi Putra Warang, Jintar Simanjuntak, dan Aswar.

Tim Indonesia menurunkan 17 atlet di World Junior Cadet and U-21 Karate Championship 2022 yang digelar 26-30 Oktober di Konya, Turki. Manajer Tim karate Indonesia, Harmen Saputra mengatakan hasil ini menjadi catatan peningkatan prestasi dari karateka Merah Putih junior di level dunia.

Dua tahun lalu, Indonesia hanya mampu membawa pulang satu medali perak dari event yang sama yang digelar di Chile. Jelas ini merupakan peningkatan prestasi dibanding kejuaraan sebelumnya.

"Alhamdulillah kali ini kami berhasil memperbaiki raihan di World Junior Cadet and U-21 Karate Championship 2022 dengan raihan 2 perak dan 1 perunggu. Raihan ini lebih baik dari dua tahun lalu pada event yang sama di Chille dimana Indonesia hanya berhasil meraih 1 medali perak," kata Harmen Saputra, Minggu (30/10/2022), dalam keterangannya.

Kejuaraan Dunia Karate Foto: PB FORKI

Medali perak pertama dipersembahkan Nadlima Layla yang turun di nomor kata perorangan cadet putri. Nadlima harus mengakui kekuatan karateka Jepang, Takata Azusa di partai final.

Begitu juga dengan Marzella Sekar Damayanti yang dikalahkan karateka Jepang lainnya, Ohuchi Mirisa di final kata perseorangan putri U-21.

"Untuk di nomor kata, kami masih harus mengakui kekuatan Jepang. Semua medali emas di kategori kata diborong Jepang, baik di nomor perorangan maupun beregu putra dan putri," ujar Harmen.

Di kategori kata beregu junior cadet Putri, Tim Indonesia yang diperkuat Nadlima Layla, Baeatrix Helena Pangemanan, Syifa Amalia Akhmad berhasil meraih medali perunggu. Indonesia berhasil menang dari wakil Italia dalam perebutan medali perunggu.

"Hasil ini merupakan buah dari perjuangan dan kerja keras yang luar biasa yang ditunjukkan para karateka kita. Ini juga sekaligus sebagai pelajaran berharga supaya ke depannya kita bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi di level dunia," jelas Harmen.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama PB FORKI (Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate Do Indonesia) juga mengirimkan delegasinya ke Konya, Turki untuk mengikuti kongres World Karate Federation (WKF) pada 25 Oktober lalu. Delegasi Indonesia yakni Darly Siregar dan Ricky muchtar.

Hasil dari kongres tersebut adalah kembali terpilihnya Antonio Espinos sebagai Presiden WKF untuk periode lima tahun ke depan.

Lihat juga Video: Pangdam Jaya Resmikan Honbu Dojo Inkai Pusat, Berharap Karateka RI Bangkit

[Gambas:Video 20detik]




(aff/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT