Rifat Sungkar Balapan Lagi, Berlomba di Ajang Asia Cross Country Rally

ADVERTISEMENT

Rifat Sungkar Balapan Lagi, Berlomba di Ajang Asia Cross Country Rally

Lucas Aditya - Sport
Jumat, 04 Nov 2022 01:37 WIB
Rifat Sungkar
Rifat Sungkar akan berlmba di Asia Cross Country Rally 2022. (Foto: dok.Istimewa)
Jakarta -

Pereli nasional, Rifat Sungkar, akan berlomba lagi. Pebalap 43 tahun itu akan turun di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022.

Ajang itu akan berlangsung pada 21-26 November 2022. Dua negara yang akan menggelar perhelatan dengan jarak tempuh 1.700 kilometer ini, Thailand dan Kamboja.

Berlangsung selama enam hari, AXCR 2022 akan mementaskan lima leg. Rifat membela tim Mitsubishi Ralliart, turun di kategori T1. Rifat akan didampingi oleh Chayapon Yotha yang berasal dari Thailand.

Tim Mitsubishi Ralliart menggunakan mobil Triton telah melakukan tes uji ketahanan sejauh 1.100 km di trek balap off-road Grand Prix Motor Park di Kanchanaburi, di barat Thailand, dari 29 hingga 31 Agustus.

Hasilnya, setelan pada suspensi, pengurangan bobot mobil, dan juga kemampuan mobil melibas trek dengan jalan kasar sudah berhasil ditingkatkan oleh tim Mitsubishi Ralliart.

"Pembalap reli melewati banyak tikungan yang berbeda, satu demi satu. Oleh karena itu, sangat penting bagi mobil reli untuk memiliki kemampuan manuver dan pengendaraan yang sangat baik seperti yang diinginkan pengemudi, dan daya tahan dan keandalan yang tinggi di jalan yang kasar. Co-driver yang baik dapat menavigasi secara akurat dan cepat juga penting untuk hasil yang sukses. Melalui uji ketahanan, kami dapat memastikan bahwa mobil reli Mitsubishi Triton memberikan kinerja yang sangat baik dalam hal jalan kasar kelincahan dan daya tahan," ujar Rifat.

Chayapon menegaskan bahwa kecepatan bikan menjadi satu-satunya faktor untukmeraih kemenangan dalam rally. "Kecepatan bukanlah segalanya dalam kompetisi reli. Untuk menang, penting untuk memaksimalkan rasa persatuan antara pengemudi dan mobil reli, dan mengendalikan tempo secara fleksibel antara akselerasi dan deselerasi. Kami telah mengkonfirmasi bahwa mobil reli Triton memiliki hasil akhir yang bagus dan merespons masukan pengemudi dengan tepat dan gesit," kata dia.

Kombinasi Rifat-Chapayon diyakini akan mampu mengantarkan tim meraih hasil bagus. Hal itu yang disampaikan oleh Direktur Tim Mitsubishi Ralliart, Hiroshi Masuoka.

"Suatu kehormatan untuk menyambut pembalap berbakat seperti mereka ke dalam tim. Rifat memiliki banyak pengalaman dalam reli sprint, jadi jika kami melakukan pekerjaan dengan baik sebagai tim untuk mengelola aspek jarak jauh dari reli lintas alam, dia akan memberikan kinerja yang hebat," kata Masuoka.

"Chayapon memiliki pengalaman luas dalam reli lintas alam dan meningkat setiap kali di masuk ke dalam mobil, jadi saya mengharapkan hasil yang baik darinya. Berkenaan dengan Triton, dua tes ketahanan yang telah dijalankan memungkinkan kami mengidentifikasi masalah dan menangani bersama mereka. Kami akan melakukan uji coba pada November sebelum AXCR 2022, namun performa Triton sejauh ini terlihat bagus dan saya yakin para pembalap akan mampu memberikan performa yang tangguh dan solid," kata dia menambahkan.



Simak Video "Tips dan Trik Cekal Corona di Dalam Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT