Rahasia Timnas Putri Indonesia U-19 Tembus Piala Dunia Kriket 2023

ADVERTISEMENT

Rahasia Timnas Putri Indonesia U-19 Tembus Piala Dunia Kriket 2023

Mohammad Resha Pratama - Sport
Senin, 07 Nov 2022 03:15 WIB
Timnas Wanita Kriket Indonesia U-19
Timnas Wanita Indonesia Kriket U-19 (dok.PP PCI)
Jakarta -

Kejutan dibuat Indonesia ketika Timnas Putri U-19 menembus Piala Dunia Kriket 2023. Bukan olahraga populer di Tanah Air, apa rahasia suksesnya?

Indonesia menembus putaran final usai memenangi Kualifikasi Piala Dunia Sub Regional Grup B di Jepang Oktober kemarin. Mereka mengalahkan Jepang dan Korea Selatan. Kemenangan yang membuat Indonesia melonjak dari peringkat ke-85 jadi ke-57.

Ini tentu jadi prestasi tersendiri bagi Indonesia mengingat kriket bukan olahraga yang tenar di kalangan masyarakat. Belum lagi kriket dari negara asalnya Inggris lekat dengan olahraga-nya golongan menengah ke atas.

Oleh karenanya, Indonesia terus memperkuat diri untuk menghadapi Piala Dunia Kriket U-19 yang dihelat di Afrika Selatan Januari 2023. Salah satunya ketika Pengurus Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI) didaulat jadi tuan rumah "Bali T20IWs International Tournament" 4-9 November 2022.

Timnas Wanita Kriket Indonesia U-19Timnas Wanita Kriket Indonesia U-19 dilatih Nuwan Shiroman Foto: dok.PP PCI

Indonesia yang jadi tuan rumah Six Series Match baru saja mengungguli Singapura dengan skor 2-0. Pelatih Indonesia, Nuwan Shiroman, mengungkapkan rahasia di balik keberhasilan ini.

Menurut pria asal Sri Lanka itu, kesuksesan Indonesia yang tidak terlepas dari kekompakan pengurus PP PCI dan Pegurus Provinsi (Pengprov) PCI dalam membina para atletnya.

"Kunci dari keberhasilan adalah solidnya hubungan Pengurus PP PCI, atlet dan tim pelatih. Pengurus PCI sangat aktif dalam pengembangan sehingga akhirnya membuahkan hasil dan kita lolos Piala Dunia bahkan mencapai prestasi-prestasi lainnya" ungkap Nuwan dalam rilis kepada detikSport.

"Saya pernah melatih Timnas Thailand dan bahkan banyak tim lainnya; namun kekompakan dan kepedulian Ketua Umum PCI, Ketua Harian PCI, Sekjen PCI hingga seluruh pengurus pusat maupun provinsi sangat luar biasa. Ini adalah bukti nyata bahwa sebuah cabang olahraga jika diurus dengan sungguh-sungguh maka pasti akan melahirkan prestasi," Nuwan menambahkan.

Menurut Nuwan, potensi atlet muda kriket di Indonesia cukup banyak sehingga dia tertantang mencetak atlet yang tangguh dan mampu bersaing di level internasional.

"Saya datang ke Indonesia di tengah masa pandemi Covid-19 melanda dunia. walau banyak event yang batal pada saat itu, saya tidak tinggal diam. Saya keliling Indonesia dan melihat begitu banyak talenta atlet cricket di Indonesia. Merupakan kesenangan bagi saya melihat banyaknya bibit unggul yang tersebar dalam beragam provinsi, hal ini juga memacu saya untuk memancarkan bakat terpendam dalam diri anak-anak tersebut".

Bagi Nuwan, kunci dari keberhasilan sebuah tim yang kuat adalah pentingnya memiliki tim yang seimbang. Mulai dari all rounders, top dan mid order, fast bowler dan slow bowlers, dan kombinasi atlet kidal. Oleh karenanya dia meluangkan waktunya untuk berkeliling Tanah Air guna melengkapi timnya.

Dalam setahun terakhir, Nuwan mengunjungi Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Dia juga mengingatkan atlet wajib bekerja keras karena talenta tanpa hal itu akan sia-sia.

Di level Internasional, Nuwan juga menghabiskan banyak waktu untuk sesi individu. Bekerjasama dengan beberapa asisten pelatih, tiap individu atlet diberikan pekerjaan yang berbeda-beda dan semua dilakukan di luar jam latihan.

"Saya selalu memberikan pekerjaan tambahan untuk atlet saya, ketika tidak ada sesi latihan maka mereka harus melakukan sesi tambahan. Mulai dari melatih visi masing-masing atlet, pekerjaan teknik dasar, sampai pola makan. Semua saya atur sesuai dengan target dan kebutuhan individu."

Lihat juga video 'Timnas U-19 Rencananya ke Belanda Seraya Cari Pemain Keturunan':

[Gambas:Video 20detik]



(mrp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT