Perkenalkan Louis Mora, Bocah 9 Tahun Jago Jiu-Jitsu

ADVERTISEMENT

Perkenalkan Louis Mora, Bocah 9 Tahun Jago Jiu-Jitsu

Mohammad Resha Pratama - Sport
Rabu, 23 Nov 2022 22:55 WIB
Perkenalkan Louis Mora, Bocah 9 Tahun Jago Jiu-jitsu.

Bertambah lagi “bocah ajaib” dari Indonesia yang berpotensi mengharumkan nama negara di olahraga. Dia adalah Louis Mora.
Atlet jiu-jitsu cilik asal Indonesia Louis Mora (Istimewa)
Jakarta -

Bertambah lagi "bocah ajaib" dari Indonesia yang berpotensi mengharumkan nama negara di olahraga. Dia adalah Louis Mora yang kecil-kecil sudah jago jiu-jitsu.

Bocah bernama lengkap Louis Humora Beneditto Pakpahan itu memang baru duduk di Sekolah Dasar Strada Wiyatasana Pejaten Jakarta Selatan.

Tapi, di balik tubuhnya yang kecil, Louis punya kemampuan hebat di beladiri asal Brasil Jiu-jitsu. Louis yang kelahiran 17 Februari 2013 itu sudah piawai memainkan jurus-jurus Jiu-jitsu di usia belum genap 10 tahun.

Lalu, prestasi apa saja yang pernah didapat murid perguruan Gracie Barra Indonesia ini? Untuk tahun ini, Louis meraih medali emas pada ajang BJJ ROOTS Singapore International Open 2022.

Perkenalkan Louis Mora, Bocah 9 Tahun Jago Jiu-jitsu.Bertambah lagi Perkenalkan Louis Mora, Bocah 9 Tahun Jago Jiu-jitsu.Bertambah lagi "bocah ajaib" dari Indonesia yang berpotensi mengharumkan nama negara di olahraga. Dia adalah Louis Mora. Foto: Istimewa

Dia juga jadi orang Indonesia pertama yang medali emas kelas sabuk putih di Abu Dhabi World Festival Jiu Jitsu Championship 2022, ajang kompetisi Jiu Jitsu terbesar di dunia, yang dihelat di Abu Dhabi 11-19 November lalu.

Louis pun menyayangkan belum banyaknya kejuaraan serupa di Indonesia, sehingga dia harus terbang ke negara-negara lain untuk mengasah jam terbangnya. Dia berharap suatu saat Jiu-jitsu bisa berkembang pesat layaknya olahraga beladiri lainnya.

Selain itu, Louis juga berharap bisa terus mengharumkan nama Indonesia di ajang international Jiu Jitsu.

"Aku sangat bangga saat bendera merah putih terpajang di papan pertandiangan, dan menjadi juara walau dikelas sabuk putih, mudah mudahan suatu saat aku mendapatkan juara di kelas profesional sabuk hitam," ujar Louis dalam rilis kepada detikSport.

"Saya berterimakasih atas dukungan dan doa yang selalu diberikan dari kedua orang tua, guru dan teman teman baik di sekolah maupun di perguruan Gracie Barra."

Yang menarik dari beladiri Brazilian Jiu Jitsu ini adalah jenis beladiri anti bullying. Di bawah bimbingan Prof. Alisson Braga dari perguruan Brazilian Jiu Jitsu Gracie Barra Indonesia, Jakarta Selatan, peserta beladiri diberi kemampuan untuk menangkal bullying atau intimidasi yang ada di lingkungan sekitar, sehingga anak akan merasa percaya diri.

Brazilian Jiu-Jitsu bertujuan untuk mengembangkan aspek beladiri, yaitu terampil dalam gerak efektif untuk menjaga keselamatan atau kesiagaan fisik dan mental yang dilandasi sikap kesatria, tanggap, dan pengendalian diri.

Selain menekuni beladiri Brazilian Jiu-Jitsu, Louis juga punya hobi travelling ini ternyata juga memiliki keterampilan sempoa. Louis pernah meraih peringkat ketiga National Sempoa Indonesia.

Kegiatan ekstra yang ia ikuti untuk mendukung kegiatan belajar di SD adalah dengan mengikuti les sempoa, les sakamoto, dan les beladiri Brazilian Jiu Jitsu.

Wah, luar biasa ya prestasi Louis Mora. Semoga terus menginspirasi untuk anak-anak Indonesia lainnya ya.



Simak Video "Brazilian Ju-jitsu, Fokus Pada Pertarungan di Atas Tanah, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT