KONI Buka Kejurnas Taekwondo, Harapkan Lahir Atlet Potensial

ADVERTISEMENT

KONI Buka Kejurnas Taekwondo, Harapkan Lahir Atlet Potensial

Mercy Raya - Sport
Kamis, 15 Des 2022 20:50 WIB
Pembukaan Kejurnas Taekwondo 2022 di Tangerang.
Kejurnas Taekwondo 2022 di Tangerang resmi dibuka. (Foto: Mercy Raya)
Jakarta -

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman secara resmi membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Taekwondo 2022. Ia berharap dari kejuaraan ini bisa memunculkan potensi-potensi berkualitas.

Kejurnas sendiri digelar di Indoor Stadium Benteng Taruna Sport Centre Tangerang, Banten, pada Kamis (15/12/2022).

Selain Ketum KONI Pusat, kegiatan pembukaan Kejurnas juga dihadiri Ketum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI) Thamrin Marzuki, Deputi 4 Kemenpora Raden Isdianto, perwakilan dari Kementerian BUMN, Sekda Kabupaten Tangerang, dan seluruh pengurus PBTI serta para Ketua Pengprov Taekwondo Indonesia.

"Terima kasih kepada PBTI yang telah menyelenggarakan event yang sangat bagus, untuk memajukan cabang olahraga Taekwondo. Saya yakin melalui Kejurnas ini akan muncul atlet-atlet muda berbakat yang dapat mempersembahkan prestasi untuk Indonesia sebagaimana sasaran dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dari," kata Marciano dalam keterangan tertulis KONI Pusat.

"Peserta Kejurnas kali ini adalah atlet-atlet yang sudah melewati tahapan panjang pembinaan dan kompetisi, sehingga mereka yang hadir di sini merupakan atlet yang betul-betuk terbaik di Indonesia. Saya berharap atlet-atlet juara pada Kejurnas tahun ini mampu bicara banyak di kancah dunia melalui prestasi gemilang," tambahnya.

Sementara itu, Ketum PB TI Thamrin berharap para atlet yang tampil di Kejurnas dapat bertanding dengan kemampuan maksimal dan sportif.

Ia optimistis dari Kejurnas dapat lahir atlet potensial masa depan taekwondo Indonesia yang akan membawa nama bangsa dan negara di kancah Internasional.

"Saya optimistis Kejurnas taekwondo yang pesertanya merupakan para juara pada ajang Kejurwil (Kejurnas anatar Wilayah) akan menghadirkan pertandingan yang ketat," kata Thamrin.

"Target PB TI memang jangka panjang, yakni Olimpiade 2032, jadi Kejurnas yang merupakan titik kulminasi dari rangkaian pertandingan Kejurwil di enam wilayah, adalah output yang akan menjadi salah satu barometer atau tolak ukur pembinaan dan pengembangan prestasi para atlet," ujarnya.

Kejurnas Taekwondo 2022 akan mempertandingkan dua kategori yakni Kyorugi (tarung) dan Poomsae (jurus). Sebanyak 865 atlet dari 32 provinsi yang tersebut di Indonesia turut bertanding pada Kejurnas.

Dari seluruh atlet yang bertanding, 284 atlet diantaranya berlaga di kategori senior, 322 atlet pada kategori junior dan 259 atlet akan bertarung di kategori cadet.

Simak juga Video: Momen Jan Ethes Sabet Medali Emas Kejuaraan Taekwondo

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT