Eko Yuli: Sukses Erick Thohir di Olahraga Bisa Jadi Inspirasi

ADVERTISEMENT

Eko Yuli: Sukses Erick Thohir di Olahraga Bisa Jadi Inspirasi

Tim Detikcom - Sport
Kamis, 22 Des 2022 04:40 WIB
Erick Thohir
Erick Thohir jadi salah satu pengusaha Indonesia yang sukses di bidang olahraga (Istimewa)
Semarang -

Erick Thohir tak cuma jadi pebisnis sukses, tapi juga punya rekam jejak bagus di dunia olahraga. Hal itu diyakini bisa menginspirasi banyak orang.

Erick sebagaimana khalayak tahu adalah Menteri BUMN pada periode kedua pemerintahan Presiden RI Joko Widodo. Pengalamannya sebagai pengusaha tidak perlu diragukan lagi, karena ada banyak lini usaha yang dipegangnya.

Tapi, Erick tidak cuma punya nama sebagai pebisnis tapi juga tokoh olahraga. Kegilaannya kepada olahraga basket sudah menelurkan Satria Muda sebagai salah satu klub basket tersukses di Tanah Air.

Selain berkecimpung di olahraga nasional, Erick juga melebarkan sayapnya ke mancanegara dengan jadi pemilik sejumlah klub seperti DC United, Inter Milan, Philadelphia 76ers, dan Oxford United.

Nama Erick makin dikenal setelah membeli Inter pada 2012 dan kemudian jadi penerus Massimo Moratti sebagai presiden klub.

Dia juga adalah anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) sejak 2019 dan juga anggota Federasi Basket Internasional (FIBA) sejak 2015.

Selain itu beberapa jabatan penting di organisasi olahraga sempat dipegangnya. Ini pula yang membuat lifter Eko Yuli Irawan merasa takjub dan menilai Erick adalah sosok yang menginspirasi, termasuk untuk atlet.

Eko Yuli sudah membuktikan sendiri karena beberapa kali dipimpin Erick saat membela Indonesia di ajang internasional, seperti Olimpiade atau Asian Games.

"Ada sejumlah cerita dalam buku ini yg menginspirasi tentang hal itu, dengan benang merah agar tidak menjadikan keterbatasan sebagai penghalang kesuksesan," tutur Eko Yuli dalam acara Bedah Buku (Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir di Universitas Muhammadiyah Semarang, Rabu (21/12).

Buku yang ditulis Abdullah Sammy ini menceritakan perjalanan hidup Erick sejak masa kecil, usia remaja hingga menjadi sosok pengusaha sampai menjabat menteri BUMN.

Tidak hanya bercerita kesuksesan Erick Thohir, buku ini juga berisi fase kegagalan yang dialami Erick.

Erick ThohirAcara bedah buku Kisah Sukses Erick Thohir Foto: Istimewa

"Buku ini memiliki pesan bahwa kita tidak bisa memilih keadaan saat dilahirkan , tapi kita bisa menentukan akhir yang sukses," ungkap Sammy.

"Buku ini bercerita bukan persoalan mengawali, namun bagaimana membuat cara mengakhiri dengan sesuatu yang indah."

Acara bedah buku ini turut dihadiri lebih dari 600 mahasiswa dan Wakil Rektor II Unimus, Dr Hardiwinoto SE, M.Si serta Dekan Fakultas Ekonomi Unimus Dr Haerudin MT. Rencananya bedah buku ini akan dilaksanakan di beberapa kota lainnya.



Simak Video "Erick Thohir Nilai Peluang Diusung Maju Pilpres dari Zulhas Hal Lumrah"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT