MMA Bukan 'Harta yang Paling Berharga' buat Khabib Nurmagomedov

ADVERTISEMENT

MMA Bukan 'Harta yang Paling Berharga' buat Khabib Nurmagomedov

Afif Farhan - Sport
Senin, 09 Jan 2023 19:22 WIB
ABU DHABI, UNITED ARAB EMIRATES - SEPTEMBER 07: Khabib Nurmagomedov of Russia lokks on  against Dustin Poirier of United States in their Lightweight Title Bout during the UFC 242 event at The Arena on September 07, 2019 in Abu Dhabi, United Arab Emirates. (Photo by Francois Nel/Getty Images)
Foto: Francois Nel/Getty Images
Jakarta -

Khabib Nurmagomedov mundur total dari dunia MMA. Kata Javier Mendez, harta paling berharga buat The Eagle adalah keluarganya.

Khabib Nurmagomedov sejatinya sudah pensiun dari UFC pada akhir 2021. Kemudian, Khabib melanjutkan kariernya sebagai pelatih.

Khabib Nurmagomedov menjadi asisten pelatih di American Kickboxing Academy (AKA), San Jose, California. Khabib jadi asistennya Javier Mendez, pelatihnya dulu.

Khabib pun menemani para kerabatnya dari Dagestan yakni Islam Makhachev, Umar Nurmagomedov, sampai Usman Nurmagomedov di pinggir octagon. Hasilnya cemerlang.

Islam jadi juara UFC kelas ringan, Usman jadi juara di Bellator, dan Umar lagi menapaki tangga di kelas bulu.

Khabib Nurmagomedov selanjutnya melebarkan sayapnya. Khabib membuat Eagle FC, ajang olahraga MMA baru dan sibuk berbisnis sana-sini.

Di usia 34 tahun, Khabib masih sibuk sana-sana. Maka sekarang, saatnya Khabib undur diri dari dunia MMA yang sudah membesarkan namanya itu.

Javier Mendez menjelaskan soal keputusan Khabib Nurmagomedov. Meski menurut Javier, Khabib sejatinya punya potensi untuk jadi pelatih top MMA!

"Khabib belajar dari saya, tapi lebih banyak belajar dari mendiang ayahnya (Abdulmanap). Menurut saya, dia berada di jalur yang tepat untuk menjadi pelatih. Dia masih muda, dia bisa menjadi pelatih terbaik sepanjang masa," ungkapnya dilansir dari ESPN.

Khabib Nurmagomedov, Javier MendezKhabib Nurmagomedov dan Javier Mendez Foto: (Instagram/akajav)

Javier Mendez pun sebenarnya tidak kaget dengan keputusan Khabib Nurmagomedov. Sebab Javier tahu betul, harta yang berharga buat eks juara kelas ringan UFC itu bukanlah MMA melainkan keluarga!

"Khabib tidak mau melewatkan momen menjadi seorang ayah," ungkap Javier.

"Tiga minggu lalu dia bicara ke saya soal keputusannya ini. Dia membuat keputusan untuk suatu alasan yang tepat, selanjutnya dia memberitahu timnya," papar Javier.

"Khabib adalah seorang family man. Simpel saja, dia sekarang mau lebih banyak menghabiskan hari-harinya bersama keluarganya," tutupnya.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT