Buka Tahun 2023, PP Pelti Gelar Kejuaraan Tenis Internasional

ADVERTISEMENT

Buka Tahun 2023, PP Pelti Gelar Kejuaraan Tenis Internasional

Mercy Raya - Sport
Jumat, 13 Jan 2023 08:40 WIB
Ketua KOI Raja Sapta Oktohari mengungkap Pelti akan menggelar turnamen internasional bulan ini.
Ketua KOI Raja Sapta Oktohari mengungkap Pelti akan menggelar turnamen internasional bulan ini. (Foto: dok.KOQ)
Jakarta -

Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) menggelar turnamen Indonesia International Tennis Championships 2023. Ajang ini jadi uji coba petenis Indonesia sebelum Davis Cup.

Kejuaraan yang masuk dalam kalender kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) Men's World Tennis Tour M15 ini akan diselenggarakan dua seri dalam dua pekan. Laga berlangsung di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence Jakarta, mulai 16-22 dan 23-29 Januari 2023.

Peserta event berhadiah total 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 234 juta tiap seri ini berasal dari 17 negara.

"Petenis Indonesia membutuhkan banyak turnamen seperti ini untuk menghadapi event internasional seperti Piala Davis dan SEA Games tahun ini," ucap Sekretaris Jenderal PP Pelti 2022-2027, Hasbullah Tahir, pada Kamis (12/1/2023).

Merujuk situs kompetisi ITF, petenis Ukraina, Vadyslav Orlov akan menjadi unggulan teratas di kejuaraan ini. Peringkat 393 dunia itu pernah berjaya di Jakarta, merebut gelar perdananya di ajang profesional, empat tahun silam.

"Tak hanya Orlov, Medco Power Indonesia Internasional Tennis Championships ini juga diikuti banyak petenis manca negara yang pernah meraih gelar juara di Indonesia," ucap Direktur Turnamen Medco Power Indonesia International Tennis Championships, Susan Soebakti.

Dua juara turnamen ITF Jakarta M25 tahun lalu, yakni Arthur Webber dari Perancis dan Tsung Hao-Huang asal Taiwan juga berada dalam daftar peserta babak utama perhelatan ini.

Selain itu, hadir pula bintang Korea Selatan, Lee Duck Hee. Petenis tuna rungu ini telah menyabet tiga gelar juara di Nusantara. Ada juga wakil India, Niki Kaliyanda Poonacha yang memenangi gelar di Jakarta, 2018.

"Tak berlebihan bila kami menjuluki Medco Power Indonesia International Tennis Championships ini sebagai arena pertarungan para juara," papar Susan.

Andalan tuan rumah sudah cukup lama tak pernah berjaya di Tanah Air, khususnya di nomor tunggal, sejak Christopher Rungkat mengangkat piala juara, 2016. Di sektor ganda, duet Christopher Rungkat dan Justin Barki adalah pasangan Indonesia terakhir yang memenangi turnamen serupa ini, lima tahun silam.

"Saat ini, sudah waktunya Muhammad Rifqi Fitriadi mampu membuat kejutan di nomor tunggal dan duet Christopher Rungkat/Nathan Anthony Barki bisa berdiri di podium tertinggi sektor ganda," kata Susan.

Sementara itu, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengapresiasi dua seri penyelenggaraan event yang bekerja sama dengan PT MedcoEnergi Power ini. Ia berharap turnamen kategori M15 ini dapat menjadi ajang atlet-atlet Indonesia untuk mengasah jam terbang.

"Pekerjaan rumah kita di tenis sangat banyak. Saya menantang diri saya, dan Pelti agar kita bisa qualified di Olympic 2024. Ini momentum tepat untuk meningkatkan tenis karena olahraga ini sedang digemari," kata Okto, sapaan karib Raja Sapta.



Simak Video "BNI Sirnas 2023: 192 Pertandingan Digelar Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT