Jokowi Resmikan Tutup Atap Stadion Piala Dunia Basket 2023

ADVERTISEMENT

Jokowi Resmikan Tutup Atap Stadion Piala Dunia Basket 2023

Mercy Raya - Sport
Jumat, 13 Jan 2023 18:10 WIB
Presiden RI Joko Widodo secara resmi melakukan seremoni tutup atap Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno (GBK) pada Jumat (13/1/2023).
Foto: ANTARA FOTO
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo secara resmi melakukan seremoni tutup atap Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno (GBK), atau Indonesia Arena, Jumat (13/1/2023).

Seperti diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023, alias Piala Dunia Basket 2023, kendati Timnas basket Indonesia tidak tampil di single event terbesar di dunia tersebut.

Nah sebagai tuan rumah, Indonesia pun amat serius dalam mempersiapkan penyelenggaraannya. Termasuk menyelesaikan pembangunan stadion yang akan digunakan oleh tim-tim basket ternama di dunia.

Dibangun sejak April 2021, stadion itu pun kini dinyatakan telah selesai. Hal itu ditandai dengan acara topping off yang Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno (GBK) oleh Presiden Jokowi.

Dalam sambutannya, Jokowi pun menyampaikan jika ia akan melengkapi Jakarta dengan fasilitas-fasilitas yang setara dengan kota-kota lainnya di dunia, salah satunya dengan dibangunnya arena tertutup multifungsi kali ini. Stadion ini disebutnya menghabiskan anggaran Rp 639 miliar.

"Kita akan terus membangun Jakarta dan melengkapi agar Jakarta memiliki fasilitas-fasilitas yang setara dengan kota-kota lain yang ada di dunia. Dan ini, arena tertutup yang multifungsi. Ini adalah salah satu fasilitas arena tertutup yang paling besar di Indonesia," kata Jokowi dalam keterangannya.

"Tadi sudah disampaikan Menteri BUMN (Erick Thohir) bisa menampung 16.250 penonton. Dan bisa berfungsi baik untuk event-event olahraga seperti basket, badminton, futsal, voli, dan juga bisa dipakai untuk festival budaya dan seni pertunjukkan serta konser-konser musik dengan kapasitas yang sangat besar."

Jokowi juga mengungkapkan jika stadion sudah dibangun sejak 2021 dengan luas bangunan 50.300 meter persegi. Adapun anggaran pembangunan menghabiskan biaya sebesar Rp 639 miliar.

"Saya rasa itu yang saya sampaikan dengan mengucap bismilahirrahmanirrahim dan pada sore ini topping off Indoor Multifunction Stadium Gelora Bung Karno (GBK) saya nyatakan telah selesai," kata Jokowi.

Indonesia sendiri akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Filipina dan Jepang. Ajang itu akan diselenggarakan mulai 25 Agustus hingga 10 September 2023. Kanada menjadi salah satu tim negara yang dipastikan bermain di Indonesia.

(mcy/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT