ADVERTISEMENT

Amali dan Erick Thohir Kompak Apresiasi Penyelenggaraan FIBA Asia Cup

Mercy Raya - Sport
Senin, 25 Jul 2022 16:25 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali (tengah), bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) dan  Presdir PT Freeport indonesia (kiri)
Menpora Zainudin Amali dan Menteri BUMN Erick Thohir menyebut FIBA Asia Cup 2022 sukses. (Foto: Saiman/detikcom)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali dan Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022 yang dinilai sukses. Mereka juga memuji perkembangan Timnas basket Indonesia yang dinilai berkembang.

FIBA Asia Cup 2022 telah rampung digelar dengan Australia keluar sebagai juaranya. Boomers mempertahankan gelarnya setelah mengalahkan Lebanon dengan skor tipis 75-73 pada laga pamungkas di Istora Gelora Bung Karno (GBK), pada Minggu (24/7) malam.

Baik Menpora Amali maupun Menteri BUMN Erick turut menyaksikan laga puncak tersebut sekaligus melakukan pengalungan medali kepada tim pemenang.

"Sudah selesai perhelatan FIBA Asia Cup dan tentu pemerintah mengapresiasi kerja luar biasa dari teman-teman, PP Perbasi, panitia, dan saya kira dukungan luar biasa dari Pak Erick. Tanpa dukungan beliau, saya tak bisa bayangkan perhelatan ini, karena ini hal istimewa buat kita," kata Menpora di Istora.

"Kita juga sudah mendorong anak-anak kita, Timnas basket Indonesia, untuk bisa main. Tapi teman-teman lihat seperti apa kekuatan negara-negara Asia."

"Namun begitu, ada perkembangan yang menarik. Jadi saya atau pemerintah mengapresiasi upaya dari komunitas basket kita, PP Perbasi, khususnya Pak Erick karena kini kita berada di urutan ke-10, yang belum pernah kita merasakan berada di posisi itu. Jadi ini satu hal kita syukuri karena anak-anak punya masa depann luar biasa," tutur Menpora asal Gorontalo ini.

"Tapi sekali lagi saya sebagai Menpora sangat berharap dukungan Pak Erick terhadap olahraga secara keseluruhan dan kita rasakan di Desain Besar Olaharaga Nasional (DBON), yang mana 17 cabor disupport BUMN dan basket kita siap-siap jadi tuan rumah FIBA World Cup 2023."

Sementara itu, Erick mengatakan, Indonesia mendapatkan apreasiasi luar biasa dari seluruh FIBA disampaikan langsung kepada Menpora dan Ketua PP Perbasi Danny Kosasih.

"Ini adalah penyelenggaraan kejuaraan FIBA Asia Cup terbaik yang pernah mereka rasakan. Tidak hanya kesiapan panitia, tapi juga kesiapan fasilitas. Mereka (FIBA) yakin Indonesia bisa mempersiapkan dengan baik Piala Dunia tahun depan. Mereka benar-benar mendorong perkembangan bola basket Indonesia ke depan," kata Erick.

FIBA Executive Director Asia Hagop Khajirian juga ikut memuji pelaksanaan FIBA Asia Cup 2022. "Istimewa. Final yang fantastis dengan pertandingan luar biasa dan penonton yang menakjubkan mendukung kedua tim, meskipun yang bermain bukan tuan rumah," kata Hagop.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT